SOLOPOS.COM - Suasana ngabuburit di Alun-Alun Kidul Jogja. (Foto istimewa)

Ramadan 2016 ini, Alun-Alun Selatan Jogja bisa menjadi tempat pilihan untuk ngabuburit

Harianjogja.com, JOGJA-Alun-alun Kidul (Alkid) masih menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara, wisatawan lokal, dan warga sekitar untuk dikunjungi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan saat bulan puasa pun, lapangan yang terdapat dua pohon beringin di tengah itu pun ramai terutama saat sore hari, yang sebagian besar sengaja datang untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

Muhammad Asri Nasri, 19, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sengaja datang ke Alkid bersama 20an temannya dari satu fakultas, yakni Fakultas Usuluddin.

“Kami satu kelas kebetulan dari berbagai daerah, supaya lebih akrab kami berinisiatif mengadakan buka puasa bersama,” katanya, Jumat (10/6/2016).

Sejak pukul 16.30 WIB mereka sudah bersila dengan posisi melingkar diatas tikar yang dibentangkan ditengah lapangan, lalu berdiskusi. Menjelang adzan maghrib, beberapa dari mereka terutama mahasiswi mempersiapkan makanan berbuka.

Setelah selesai membatalkan puasa dengan es buah, dilanjutkan makan bersama dengan duduk memangjang sambil berhadap-hadapan, seperti suasana di pondok pesantren tradisional, tanpa canggung sedikit pun.

Nasri mengatakan teman-teman satu kelasnya berasal dari berbagai daerah mulai dari Makasar, Kalimantan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Semuanya masih semester II atau termasuk masih baru di Jogja sehingga ingin lebih banyak tahu soal lokasi nongkrong di Jogja dengan ruang terbuka dan murah meriah.

“Alkid ini tempatnya lumayan asyik buat ngabuburit,” ujarnya. “Kalau saya memang baru pertama ke Alkid,” kata Zahida, 19, mahasiswi asal Kalimantan Selatan menimpali.

Selain rombongan mahasiswa, sejumlah orang di sekitar Alkid asyik bercengkrama, ada yang bersama keluarga, bersama teman, pasangan kekasih. Ada yang berolah raga, bermain sepeda modifikasi, atau hanya lari-lari, dan ada juga yang mencoba mitos keberuntungan dengan berjalan menuju pohon beringin sambil menutup mata.

“Cuma buat mengisi waktu berbuka aja,” kata Intan Kurnia Sari, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sementara Nilam Puspita, warga Tegalrejo, Jogja yang datang bersama kekasihnyaAldi Hermawan, warga Godean, Sleman sengaja ke Alkid untuk mengisi waktu ngabuburit.

Meski asli kelahiran Jogja, Nilam mengaku menghabiskan waktu di Alkid tidak pernah membosankan. Selain Alkid, biasanya dia juga mengisi waktu kosong ke Tamansari, Candi Boko, dan kawasan Titik Nol Kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya