SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa (vitals.lifehacker.com)

Ramadan 2016 perlu menyiapkan stamina agar tetap sehat dan fit menjalani ibadah.

Solopos.com, SOLO – Puasa di Bulan Ramadan bukan alasan Anda untuk bermalas-malasan. Menjaga asupan makanan menjadi kunci penting tetap sehat selama menjalani ibadah puasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com, dari Emirates247.com, Selasa (7/6/2016), berikut 10 tips tetap sehat berpuasa:

Konsumsi Kurma
Kurma bisa menjadi bekal sumber energi Anda untuk menjalani puasa sepanjang hari. Kurma kaya akan serat yang dapat mengatur pergerakan usus. Kurma juga kaya akan magnesium dan kalium.

Hindari Dehidrasi

Ramadhan tahun ini jatuh pada musim kemarau. Anda harus memastikan cukup minum saat berbuka puasa hingga sahur agar Anda tidak merasa haus atau dehidrasi saat puasa. Minum 8 gelas air sepanjang malam.

Hindari Makanan Terlalu Asin
Hindari makanan asin, seperti makanan olahan, kacang asin, dan acar. Makanan tersebut akan meningkatkan rasa haus Anda saat berpuasa. Hindarilah makanan yang terlalu pedas. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur.

Jaga Jarak Makan
Mulailah buka puasa dengan kurma, air, diikuti dengan sup, semangkuk salad, dan kemudian makan makanan besar. Jika Anda merasa kenyang setelah makan salad, Anda beristirahat sejenak dan melanjutkan makan Anda nanti.

Terlalu banyak dapat menyebabkan sakit perut dan kembung yang merupakan masalah yang sangat umum yang dihadapi orang-orang selama bulan Ramadan.

Pastikan Makanan Anda Seimbang
Menu makanan Anda saat buka dan sahut harus berisi protein dari biji-bijian, karbohidrat, sayuran, buah-buahan, dan minyak sehat.

Hindari Kopi
Jika Anda pencinta kopi, kurangi konsumsi kopi Anda dua pekan sebelum Ramadan untuk menghindari sakit kepala dan mengantuk.

Olahraga
Menambahkan olahraga untuk rutinitas harian Anda selama Ramadan sangat bermanfaat. Ini akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan gaya hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya