SOLOPOS.COM - Kawasan Simpang Lima Kota Semarang (id.wikipedia.org)

Ramadan 2016 bisa diisi dengan mengunjungi tempat favorit untuk ngabuburit menjelang buka puasa di Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Menjelang waktunya berbuka puasa, sebagian orang mencari tempat untuk ngabuburit bersama keluarga, saudara, atau teman. Tempat bersantai sambil menunggu datanganya azan Maghrib.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Kota Semarang ada sejumlah tempat yang menjadi favorit masyarakat untuk ngabuburit menghabiskan waktu menanti datangnya waktu buka puasa. Berikut lima di antaranya:

Lapangan Simpang Lima

llustrasi kawasan Simpang Lima Kota Semarang. (JIBI/Solopos.com/Antara)

llustrasi kawasan Simpang Lima Kota Semarang. (JIBI/Solopos.com/Antara)

Lapangan Simpang Lima yang berada di pusat Kota Semarang menjadi tempat favorit yang cocok untuk menunggu waktu berbuka puasa. Terlebih di tempat ini sekarang sudah ada taman dengan anaka tanaman sehingga membuat udara menjadi sejuk, serta arena bermain anak-anak.

Apabila datang waktunya berbuka tiba, tak sulit bagi pengunjung dalam mencari makanan dan minuman. Tersedia banyak warung kaki lima. Kalau mau salat Magrib ada Masjid Baiturrahman yang dapat menampung ribuan jemaah.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Masjid Agung Jawa Tengah, salah satu objek daya tarik wisata dui Semarang. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Masjid Agung Jawa Tengah (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berlokasi di Jl. Gajah Raya, Semarang menjadi  tempat ngabuburit yang pas bagi mereka yang menginginkan suasana religius. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, pengunjung bisa melihat-lihat keindahan bangunan masjid yang dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Pengunjung juga bisa menengok menara Al-Husna yang memiliki ketinggian 99 meter.

Di MAJT juga banyak orang yang berjualan takjil, makanan, dan minuman untuk berbuka puasa. Tentunya tidak lupa melaksanakan salat Magrib di masjid terbesar di Jateng ini.

Jl. Pahlawan

Jl. Pahlawan, Kota Semarang. (Skysrapercity.com)

Jl. Pahlawan, Kota Semarang. (Skysrapercity.com)

Bagi kalangan anak muda, Jl. Pahlawan yang berada di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah menjadi pilihan favorit untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa.

Pada bulan Ramadan, setiap sore sepanjang di Jl. Pahlawan tidak pernah sepi karena dipenuhi anak-anak muda, baik pria dan wanita. Mereka ada yang sekadar nongkrong dan pula yang berjualan takjil untuk berbuka puasa.

Taman Menteri Supeno

Taman Menteri Supeno, Kota Semarang. (Youtube.com)

Taman Menteri Supeno, Kota Semarang. (Youtube.com)

Taman Menteri Supeno atau dikenal masyarakat dengan sebutan Taman KB juga tempat yang enak digunakan untuk ngabuburit. Tempatnya sejuk, karena banyak tanaman, dilengaki dengan kolam air, dan taman untuk bermain anak-anak.

Apabila waktu buka tiba, pengunjung Taman Menteri Supeno bisa langsung ke warung-warung pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sekitar taman. Pedagang-pedagang itu menjual aneka makanan dan minuman, terutama makanan khas Semarang, tahu gimbal.

Taman Sri Gunting Kota Lama

Taman Sri Gunting, kawasan Kota Lama, Semarang. (sisihidupku.wordpress.com)

Taman Sri Gunting, kawasan Kota Lama, Semarang. (sisihidupku.wordpress.com)

Taman Sri Gunting di kawasan Kota Lama Semarang yang lokasinya persis di sebelah timur Gerja Blenduk menjadi tempat yang asyik digunakan untuk menunggu berbuka puasa.

Tempatnya teduh karena banyak pepohonan, pas digunakan untuk bersantai sambil menanti azan Magrib. Di tempat ini banyak pedagang makanan dan minuman, serta kafe untuk berbuka puasa.

 



KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya