SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit maag (Healthywomen.org)

Ramadan 2015 dalam hitungan jam, bagi Anda yang punya penyakit maag, puasa dapat menyembuhkan sakit tersebut.

Solopos.com, SOLO – Banyak orang khawatir dengan penyakit maag yang diderita saat memasuki Bulan Ramadan. Tapi, menurut ahli kesehatan, puasa justru dapat menyembuhkan penyakit maag.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Ciptomangunkusumo, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP., mengatakan, berpuasa justru membuat sakit maag khususnya maag fungsional sembuh.

Ari mengatakan sebagian besar hasil penelitian menunjukkan bahwa 70-80 persen sakit maag di masyarakat merupakan sakit maag fungsional.

Kondisi ini disebabkan karena ketidakteraturan makan dan kebiasaan mengonsumsi camilan yang tidak sehat, terutama yang dapat memperburuk sakit maag seperti makanan asam, pedas, cokelat, dan keju.

“Jika mereka berpuasa maka makannya menjadi teratur pada buka dan sahur, pasti akan mengurangi camilan yang tidak sehat, dan tidak merokok sepanjang hari karena sedang berpuasa. Selain itu selama melakukan rangkaian ibadah puasa mereka yang sakit maag akan lebih melakukan pengendalian diri,” kata dia dalam keterangan tertulisnya sebagaimana diberitakan Antara.com, Rabu (17/6/2015).

“Hal ini semua akan membuat orang sakit maag yang sebagian besar karena sakit maag fungsional sakit maagnya akan sembuh,” tambah dia.

Ari menambahkan, sakit juga berhubungan dengan faktor stres baik di keluarga atau pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya