SOLOPOS.COM - Dua unta koleksi TSTJ Solo dilibatkan dalam kampanye menyambut Bulan Ramadan yang digelar Yayasan Amal Sahabat di area CFD Solo, Minggu (14/6).

Ramadan 2015 dikampanyekan di arena CFD oleh dua onta TSTJ.

Solopos.com, SOLO — Sepasang onta dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Feri dan Salsa, berkunjung di area Car Free Day (CFD) Kota Solo, Jl. Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/6/2015) pagi. Kehadiran mereka adalah untuk mengajak pengunjung CFD Solo berpuasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak banyak aktivitas yang mereka lakukan selain berlenggak-lenggok berdampingan selama hampir tiga jam, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Meski demikian, aktivitas Feri dan Salsa yang saat itu kompak mengenakan busana berwarna hijau muda mampu menarik perhatian ribuan pengunjung area CFD.

Sepasang unta itu mendapat banyak permintaan untuk berfoto bersama. Namun, tidak semua pengunjung bisa mengajak Feri dan Salsa berfoto.

Sepasang unta itu terkadang lebih suka berjalan ketimbang berhenti di satu lokasi. Tak kehilangan akal, para pengunjung mencoba merayu mereka. Pengunjung yang mengulurkan beberapa wortel berhasil menarik perhatian Feri dan Salsa untuk berhenti sejenak.

Yayasan Amal Sahabat
Feri dan Salsa yang merupakan koleksi TSTJ Solo dibawa Yayasan Amal Sahabat untuk turut serta mengampanyekan datangnya Bulan Ramadan. “Kami sengaja membawa unta agar bisa menarik perhatian banyak orang. Kami sedang berkampanye, mengajak umat muslim mempersiapkan diri menyambut puasa,” kata pengurus Yayasan Amal Sahabat, Ny. Bambang, saat berbincang dengan Espos di area CFD Solo, Minggu.

Saat berjalan-jalan di Jl. Slamet Riyadi, Feri dan Salsa ditumpangi dua laki-laki dewasa yang mengenakan busana khas warga Timur Tengah, lengkap dengan sorban. Kedua laki-laki itu kerap mengajak anak balita untuk turut menunggang unta sambil mondar-mandir di area CFD.

“Unta kan identik hewan yang banyak ditemui di negara-negara Islam atau Timur Tengah. Jadi kami bawa [unta] untuk menarik perhatian banyak orang. Kami ingin mengajak masyarakat menyucikan hati, lebih banyak berbuat baik untuk menyambut Ramadan yang Insyallah jatuh pada 18 Juni,” ujar Ny. Bambang.

Hadirkan Hadrah
Selain mengahadirkan dua unta, Yayasan Amal Sahabat juga menggelar sajian tari sufi dan hadrah di area CFD. Menurut dia, Bulan Puasa harus disambut masyarakat dengan hati yang senang dan fisik yang bugar.

Dokter hewan TSTJ, dr. Siti Nuraini, mengatakan TSTJ tidak pernah menolak ketika diajak menggelar kegiatan untuk menggairahkan semangat Bulan Ramadan. Bahkan, TSTJ berkenan mengeluarkan koleksi unta atau hewan lain untuk mendukung berbagai kegiatan sosial. Siti menyampaikan Feri dan Salsa hanya sebagian unta yang dikoleksi TSTJ.

“Kami punya enam ekor unta. Namun, Feri dan Salsa memang yang paling sering melayani pengunjung yang ingin naik unta. Kami mengeluarkan Feri dan Salsa atas izin Badan Konservasi Sumber Daya Alam [BKSDA]. Intinya kami mendukung setiap kegiatan yang memang bertujuan baik,” kata Siti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya