SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (mpr.go.id)

Ramadan 2015 tinggal menghitung hari. Menteri Agama Lukman Hakim mengimbau ormas tidak melakukan razia warung makan yang buka pada siang hari.

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim mengimbau kepada seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) tidak melakukan razia warung makan yang buka di siang hari saat Ramadan 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita berharap tidak ada sweeping,” katanya usai menghadiri deklarasi Komitmen Kementerian Agama Berintegritas di Senayan, Jakarta, Senin (15/6/2015), sebagaimana diberitakan Antara.com.

Lukman Hakim mengatakan masyarakat semestinya sudah semakin dewasa sehingga tidak perlu melakukan aksi-aksi yang kurang simpatik seperti memaksa penutupan warung makan saat puasa.

“Kita sadari kedewasan umat Islam semakin baik sehingga tidak ada lagi cara kekerasan untuk kewajiban agama kita,” kata dia.

Lukman mengatakan bahwa sebaiknya umat Islam juga menghormati orang yang sedang tidak berpuasa atau tidak wajib berpuasa.

“Tidak sweeping itu juga untuk menghormati yang lain. Ada juga dari Muslim yang tidak berpuasa. Tidak semua puasa, itu pun juga hak mereka, kita hormati,” katanya.

“Kita serahkan kearifan masyarakat terkait rumah makan buka siang hari. Tidak perlu ada aturan dan paksaan,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya