SOLOPOS.COM - Menag Lukman Hakim Saifuddin (JIBI/dok)

Ramadan 2015 dimulai besok dan Menag mengimbau ormas tak melakukan sweeping tempat hiburan.

Solopos.com, JAKARTA – Bulan Ramadan akan dimulai Kamis (18/6/2015) besok. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau organisasi masyarakat (ormas) di Tanah Air tidak melakukan sweeping atau penertiban tempat hiburan dan rumah makan yang beroperasi selama Ramadan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya meyakini tahun ini seperti tahun lalu yang penuh dengan kedamaian dan tidak ada aksi-aksi sweeping dan sebagainya, tindak pemaksaan maupun kekerasan,” kata Lukman di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia berharap ormas yang kerap melakukan aksi tersebut dapat memaknai Bulan Suci Ramadhn dengan baik, tanpa ada upaya yang mengganggu ketertiban umum.

“Sesungguhnya Kementerian Agama berharap dan meyakini kematangan serta kedewasaan umat-umat Islam di Indonesia, termasuk ormas-ormas Islam itu setiap dari hari ke hari semakin baik,” jelasnya.

Menurut Lukman, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk melarang para ormas tersebut melakukan aksi penertiban.

Jika aksi razia tetap dilakukan dan mengganggu ketertiban umum, dia mempersilakan aparat penegak hukum menertibkannya.

“Kemenag tidak dalam posisi untuk menyikapi hal-hal seperti itu [melarang], kami sebatas mengimbau. Tentu kalau mengganggu keamanan, aparat penegak hukum yang memiliki kewenangan,” kata dia.

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian sebelumnya menyatakan larangan kegiatan penertiban atau razia oleh ormas Islam selama bulan Ramadan.

“Yang boleh melakukan [penertiban] adalah aparat negara,” kata Tito.

Dia berjanji akan menindak tegas dan memproses hukum ormas yang melakukan sweeping tempat hiburan malam bahkan jika terjadi pengrusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya