RAMADAN 2015 : Meeting di Hotel Ramai di Bulan Puasa
Restoran Gambir Sakethi, Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo (Kusumasahid.com)

Ramadan 2015 justru bikin usaha perhotelan panen order meeting.

Solopos.com, SOLO — Agenda meeting yang diadakan di hotel pada Ramadan kali ini dinilai lebih ramai jika dibandingkan tahun lalu. Hal ini karena anggaran pemerintah mulai cair sehingga meeting dan kunjungan ke daerah mulai dilakukan.

General Manager (GM) Sahid Jaya Hotel, Martono Saputro, menyampaikan pada Januari hingga Mei, hotel seolah puasa bisnis karena minimnya agenda meeting yang diadakan di hotel. Namun memasuki Juni, meeting mulai banyak dilakukan. Bahkan Ramadan yang biasanya sepi, saat ini lebih ramai. Dia menyampaikan sejak pekan lalu, meeting sudah banyak dilakukan hingga akhir bulan.

Meeting ini kebanyakan dari kementerian dan dinas yang berasal dari Jakarta, Semarang, dan Solo. Sampai akhir bulan untuk meeting sudah penuh dan kebanyakan acara saat weekdays,” ungkap Martono saat ditemui wartawan di Sahid Jaya Hotel, Jumat (19/6/2015).

Dia mengatakan okupansi bulan ini sebanyak 60% yang kebanyakan berasal dari instansi. Oleh karena itu, pihaknya menawarkan promo room package Ramadan. Menurut dia, tamu free individual traveler (FIT) mulai ramai saat mendekati Lebaran. Namun dia mengatakan saat ini sebanyak 20% dari total kamar sudah dipesan oleh pelanggan loyal yang ingin menginap di hotel tersebut saat Lebaran.

Lebih lanjut, GM yang juga menakhodai Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) ini mengatakan agenda meeting di heritage hotel juga tinggi. Menurut dia, institusi yang berasal dari luar kota lebih memilih hotel ini.

Sementara itu, Sahid Jaya Hotel meluncurkan Waroeng Ramadan yang buka setiap hari di halaman hotel. Dia menjelaskan Waroeng Ramadan baru kali pertama diadakan. Hal ini untuk memberi pilihan kepada masyarakat yang biasanya membeli menu berbuka puasa.

“Menu yang dihadirkan di sini beragam dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp5.000 tapi dengan cita rasa hotel. Oleh karena itu, warung ini ditujukan untuk semua kalangan,” kata dia.

Di sisi lain, KSPH membagikan 500 takjil kepada warga yang melintas di depan hotel yang merupakan agenda rutin tahunan. Pihaknya juga meluncurkan Ramadan Corner di Main Gate Area KSPH yang menyediakan berbagai menu makanan berbuka. Marketing Communications Manager KSPH, Tia Kristiyanti, mengatakan Ramadan Corner buka setiap hari pada pukul 16.30 WIB-20.00 WIB.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom