RAMADAN 2015 : Karimunjawa Sepi Pengunjung
Keindahan Kepulauan Karimunjawa (JIBI/Solopos/Dok/ilustrasi )

Selama Ramadan 2015 Pulau Karimunjawa sepi pengunjung.

Solopos.com, JEPARA -- Wsatawan yang mendatangi Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, selama Ramadan mengalami penurunan dibandingkan dengan sebelum Bulan Puasa, kata Camat Karimunjawa M. Taksin.

"Data jumlah kunjungan wisatawan memang tidak memiliki. Akan tetapi, penurunannya memang terlihat dari tingkat kedatangan wisatawan yang memanfaatkan transportasi laut cenderung menurun dibanding hari biasa," ujarnya di Jepara, Minggu (28/6/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Ia mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Karimunjawa, didominasi warga keturunan Tionghoa.

Biasanya, kata dia, memasuki Lebaran akan terjadi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Karimunjawa. Bahkan, di wilayah setempat penuh dengan wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air.
Faktor Penyebab

Ia mengakui belum bisa memastikan faktor penyebab turunnya kunjungan wisatawan saat ini, apakah karena memasuki Bulan Puasa atau faktor cuaca. Selama memasuki puasa, kata dia, memang bertepatan dengan perubahan musim dari musim baratan ke musim timuran yang diikuti dengan gelombang tinggi.

Bahkan, pada Sabtu (27/6) aktivitas pelayaran juga dihentikan karena kondisi gelombang yang tinggi disertai tiupan angin yang cukup kencang. Pada Minggu pagi, Kapal Bahari Exspress berangkat dari Karimunjawa menuju Jepara.

Kondisi gelombang tinggi, kata dia, memang berulang kali terjadi, meskipun tidak berlangsung secara terus menerus. Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jateng, ketinggian gelombang laut Karimunjawa pada Sabtu (27/6) rata-rata 1,25-2,0 meter dengan kecepatan angin antara 11-16 knot, sedangkan ketinggian gelombang maksimal antara 2-2,5 meter.

Ketinggian gelombang laut di utara Jateng, rata-rata antara 0,5-1,5 meter dengan ketinggian gelombang maksimal antara 1,5-2 meter dengan kecepatan angin antara 5-15 knot, sedangkan cuaca berawan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom