SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi hotel berbintang (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Harianjogja.com, SEMARANG- Okupansi atau tingkat hunian hotel di Semarang mengalami penurunan pada Ramadan mengingat berkurangnya kegiatan dari perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.

“Biasanya kan banyak perusahaan swasta atau instansi dari pemerintahan yang mengadakan rapat atau seminar di hotel, saat puasa seperti ini
mereka cenderung mengurangi aktivitas tersebut,” ujar Public Relations Quest Hotel Semarang Adinda Santjoko, Rabu (9/7/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia penurunan tersebut terasa sejak awal minggu lalu yaitu awal-awal puasa, untuk penurunannya sendiri mencapai 20 %.

Diakuinya penurunan biasa terjadi karena hotel yang berada di kawasan pecinan Semarang tersebut merupakan hotel MICE atau lebih banyak
digunakan untuk berbagai acara.

Adinda mengatakan biasanya satu minggu menjelang Lebaran okupansi kembali meningkat mengingat sudah banyak orang yang melakukan mudik dan sebagian memilih untuk menginap di hotel.

“Kalau sesuai tren tahun lalu biasanya satu minggu sebelum Lebaran kamar kami pasti penuh,” jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Public Relations Patra Jasa Convention Hotel Semarang Christ Tonny yang mengaku ada penurunan tingkat hunian
kamar hingga 50%.

“Sejak awal Ramadhan langsung terasa penurunannya, sedangkan mendekati Lebaran biasanya justru ada peningkatan,” jelasnya.

Tonny mengatakan menjelang Lebaran, hotel yang memiliki 146 kamar tersebut biasanya dipenuhi oleh para pemudik.

“Biasanya mereka ingin kenyamanan jadi lebih pilih menginap di hotel dibandingkan di rumah, kalau tahun-tahun lalu kamar kami selalu penuh,” jelasnya.

Peningkatan tersebut diprediksi akan terjadi pada H-2 hingga H+3 Lebaran, sedangkan setelah itu okupansi akan kembali seperti semula yaitu rata-rata 70 % per hari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya