SOLOPOS.COM - Ilustrasi petasan (Dok. Solopos.com)

Harianjogja.com, SEMARANG—Polisi mengamankan puluhan kilogram bahan baku pembuat petasan jenis mercon dari dua pelaku di Semarang. Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Polisi Djihartono di Semarang, Kamis (24/7/2014), mengatakan berbagai jenis bahan baku mercon tersebut diamankan dari sebuah rumah di Dusun Rowosari Krasak, Tembalang,  Kota Semarang.

Bahan baku yang disita polisi  tersebut di antaranya 12 kilogram potasium, 12 kilogram belerang, dua kilogram broom, serta 30 kilogram bahan peledak campuran bubuk mercon. Sementara itu, dua pelaklu yang diamankan masing-masing Munazir,49, dan Asromi,24, penghuni rumah di Dusun Rowosari Krasak, Tembalang, Semarang itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pelaku sudah dua tahun menjalankan usaha membuat mercon ini, biasanya memang saat Ramadan,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan tersangka, lanjut Djihartono, barang-barang berbahaya ini diperoleh dari seseorang di Kota Semarang yang sudah diketahui identitasnya. Adapun takaran dalam membuat bubuk mercon tersebut antara lain tiga kilogram potasium dicampur dengan satu kilogram belerang serta dua ons Broom.

Takaran itu, kata dia, dikemas masing-masing satu kilogram dalam sebuah wadah plastik. “Bubuk mercon ini dijual dengan harga Rp100.000 sampai Rp130.000 per kilogram,” ujarnya.

Pelaku mengungkapkan telah puluhan kilogram bubuk mercon telah dijual. Kedua perlaku selanjutnya dijerat dengan Undang-Undang Darurat No.12/1951. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya