SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengamatan hilal (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL- Kantor Kementerian Agama Kota Jogja akan menggelar rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa di bukit Syeh Belabelu yang berada di kawasan Parangtritis pada Jumat (27/6/2014).

“Kami melakukan pengamatan hilal bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Lokasi pengamatan di bukit makam Syeh Belabelu,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jogja, Sigit Warsita, Selasa (24/6/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia pihaknya sudah menyiapkan sejumlah peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung pengamatan hilal. “Teknologi pengamatan sudah modern dan canggih. Ada sekitar 10 petugas yang akan diterjunkan untuk melakukan pengamatan,” katanya.

Petugas yang diterjunkan untuk melakukan pengataman hilal, lanjut dia, adalah petugas-petugas yang sudah memiliki kualifikasi dan pengetahuan untuk melakukan pengamatan.

“Petugas-petugas tersebut juga telah disumpah untuk menyampaikan hasil secara jujur,” katanya.

Meskipun demikian, Sigit memperkirakan tinggi hilal pada Jumat (27/6/2014) belum akan mencapai lebih dari dua derajat. “Hilal masih tipis, namun pengamatan harus tetap dilakukan. Hasil pemantauan akan disampaikan ke Kantor Kementerian Agama DIY,” kata Sigit.

Selain di bukit makam Syeh Belabelu, rukyatul hilal juga akan dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Sleman dan Kantor Kementerian Agama Gunungkidul di Bukit Branjang yang berada di selatan Pathuk Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya