SOLOPOS.COM - Ilustrasi berbuka puasa (kaheel7.com)

Solopos.com, SOLO – Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan bukan berarti menjadi sebuah alasan untuk bermalas-malasan. Selalu menjaga asupan makanan yang benar saat buka dan sahur dapat menjadi sebuah kunci penting tetap fit dan bugar selama puasa.

Berikut beberapa tips agar Anda tetap bisa beraktivitas walaupun tengah menjalani ibadah puasa sebagaimana dilansir Khaleejtime, Sabtu (28/6/2014):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Konsumsi Banyak Air
Perbanyaklah mengonsumsi air putih saat berbuka puasa dan makan sahur. Seorang pria dewasa disarankan minum setidaknya 10 gelas setiap harinya, sedangkan wanita 8 gelas. Hal ini sangat dianjurkan untuk menghindari tubuh dari bahaya dehidrasi.

Berbuka Secara Bertahap
Buka puasa harus dilakukan secara bertahap. Dimulai dari air, lalu dilanjutkan dengan hidangan pembuka seperti sup, salat, atau jus. Mengonsumsi buah kurma juga dianjurkan, karena kurma memiliki kandungan magnesium, kalium, dan serat yang sangat baik bagi tubuh.

Hindari Makanan Pedas
Saat berbuka puasa atau makan sahur hindarilah makanan yang terlalu pedas atau asin seperti yang ada pada makanan olahan dalam kaleng. Mengonsumsi makanan olahan dapat membuat Anda cepat merasa lapar. Konsumsilah buah dan sayur untuk menjaga asupan vitamin dalam tubuh saat berpuasa.

Perhatikan Kandungan Makanan
Makanan seperti biji-bijian, gandum, oat, kacang kacangan, buah-buahan, serta makanan yang mengandung karbohidrat dapat mencegah rasa cepat lapar. Asupan protein seperti daging, ikan, telur, dan susu juga sangat diperlukan untuk menstabilkan kadar gula dalam darah selama bulan Ramadan.

Olahraga
Waktu yang baik untuk berolahraga sedang adalah satu jam setelah berbuka puasa. Olahraga sedang seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau yoga adalah beberapa olahraga yang disarankan untuk dilakukan selama berpuasa di bulan Ramadan.
Cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap harinya selama Ramadhan dan pastikan juga untuk tidak terlalu banyak mengeluarkan cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya