SOLOPOS.COM - ilustrasi Raskin (JIBI//dok)

Harianjogja.com, SEMARANG – Bulog Divisi Regional Jawa Tengah (Jateng) mempercepat penyaluran raskin pada Juli dan Agustus 2014 untuk persiapan Lebaran mendatang.

“Hasil rapat ekuinda (ekonomi, keuangan, dan industri daerah) ada permintaan dari beberapa daerah agar penyaluran raskin diajukan yaitu untuk Juli diberikan pada minggu pertama dan kedua, sedangkan alokasi Agustus diserahkan pada minggu ketiga dan keempat bulan Juli,” jelas Kadivre Bulog Jateng Damin Hartono di Semarang, Selasa (8/7/2014).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Ia mengatakan, permintaan tersebut sudah disetujui Gubernur dan percepatan penyaluran tersebut juga untuk keperluan zakat fitrah yang menginginkan beras baru panen. Sementara itu pengadaan beras sampai hari ini mencapai 317.728 ton, tertinggi untuk Subdivre Pati yaitu 68.000 ton, selain itu ada pula Subdivre Pekalongan 56.286 ton dan Subdivre Banyumas 50.303 ton. Untuk penyaluran sudah mencapai 321.641 ton untuk delapan kali penyaluran, jumlah tersebut disalurkan pada periode Januari-Juli dengan alokasi 37.232 ton per bulan.

“Ini karena sebelumnya sudah ada percepatan untuk November dan Desember, jadi kurang empat kali lagi,” jelasnya.

Damin mengatakan persediaan beras hingga hari ini sudah mencapai 310.224 ton, jumlah tersebut mencukupi untuk lebih dari delapan bulan ke depan atau Mei 2015. Sementara itu selain melakukan percepatan penyaluran raskin, Bulog juga melakukan operasi pasar murah dengan menjual komoditas Bulog ke sejumlah pasar tradisional besar di Jateng.

“Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini untuk membantu masyarakat kurang mampu karena harga yang kami jual lebih murah 5-10 persen dari pasar, selain itu juga menahan spekulan agar tidak memainkan harga,” urainya.

Pada operasi pasar murah tersebut Bulog menerjunkan sejumlah mobil bak terbuka yang menjual beras, gula, dan minyak.

“Untuk beras kami hanya menyediakan jenis premium dengan kemasan 5 kg, sedangkan minyak untuk kemasan satu liter dan gula pasir satu kilogram,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya