SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL-Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Bantul, menjamin stok beras di daerah ini aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat menghadapi bulan puasa 2014.

“Kalau stok beras masih oke karena produksi beras pada MT (musim tanam) pertama kemarin melebihi dari angka kebutuhan masyarakat selama musim itu,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Bantul, Pulung Haryadi, Kamis (5/6/2014).

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Pihaknya tidak mengetahui pasti kebutuhan beras masyarakat selama musim tanam, namun demikian berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya produksinya mencukupi kebutuhan, bahkan hingga terlampaui.

Ekspedisi Mudik 2024

“Produksi beras awal musim kemarin tidak terlalu beda dengan tahun lalu, bahkan di sejumlah lumbung padi milik kelompok tani rata-rata masih tersedia, kalau untuk kebutuhan sendiri masih cukup,” katanya.

Apalagi kata dia produksi beras di Bantul pada 2013 mencapai 205.000 ton, sementara kebutuhan beras untuk warga Bantul selama itu mencapai sekitar 80.000 ton, sehingga Bantul masih surplus beras.

“Kalau secara kalkulasi kebutuhan beras di Bantul masih bisa tercukupi sendiri, bahkan karena surplus sekitar 20.000 ton beras, karena setiap musim tanam petani juga mengandalkan stok pangan hasil panenan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya