SOLOPOS.COM - Tim TPID DIY saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA- Tradisi menjelang bulan Ramadhan seperti Ruwahan memicu peningkatan permintaan bahan kebutuhan pokok di masyarakat, seperti gula pasir, telur dan daging.

“Ada peningkatan sekitar 20 hingga 30 persen untuk ketiga komoditas itu dibanding hari biasa. Peningkatan lebih disebabkan kebutuhan masyarakat untuk menjalankan tradisi menjelang bulan puasa,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja Sri Harnani, Selasa (24/6/2014).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut dia, meningkatnya permintaan dari masyarakat tersebut masih dapat dipenuhi oleh pedagang karena stok mencukupi sehingga tidak ada gejolak harga.

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Jogja harga gula pasir berkisar antara Rp9.700 per kilogram (kg) hingga Rp10.000 per kg.

Harga daging ayam ras mengalami kenaikan dari Rp30.000 per kg menjadi Rp32.000 per kg, daging sapi naik dari Rp97.000 per kg menjadi Rp99.000 per kg, sedangkan telur masih dijual pada harga Rp18.000 per kg.

“Harga telur ayam sudah berkurang dibanding pekan lalu yang sempat mencapai Rp19.000 per kg. Meskipun turun, harga jual telur tersebut masih lebih tinggi dibanding harga normal yaitu Rp16.000 per kg,” katanya.

Ia menambahkan, pemantauan harga bahan kebutuhan pokok menjelang bulan puasa tetap akan tetap dilakukan sesuai jadwal rutin yang telah ditetapkan yaitu setiap Senin dan Kamis serta pemantauan stok di Pasar Buah dan Sayur Giwangan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya