RAMADAN 2013 : Stok Darah PMI Sukoharjo Turun 40 Persen

RAMADAN 2013 : Stok Darah PMI Sukoharjo Turun 40 Persen

SOLOPOS.COM -

Solopos.com, SUKOHARJO — Selama Ramadan, stok darah di PMI Cabang Sukoharjo turun hingga 40% namun demikian, ketersediaan darah masih ada. Data Senin (22/7/2013), stok darah golongan A sebanyak 13 kolf, golongan AB sejumlah lima kolf, golongan B sebanyak 96 kolf dan golongan darah O sejumlah 26 kolf.

Untuk menjaga ketersediaan darah, PMI menjalin kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, perbankan dan sekolah. Sedangkan kebutuhan darah per bulan sekitar 1.000 kolf hingga 12.000 kolf. Penegasan itu disampaikan Ketua PMI Cabang Sukoharjo, Sumarsono yang akrab dipanggil Soni saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (23/7/2013).

“Membangun jejaring dan berkoordinasi dengan kabupaten lain selama Ramadan lebih diintensifkan agar kebutuhan masyarakat akan darah tercukupi. Misalkan stok golongan darah A di Sukoharjo hari ini maka hari ini juga pengurus berkoordinasi dengan kabupaten lain untuk
mencarikan,” ujarnya.

Soni juga menjelaskan, agar keluarga pasien tidak gelisah dan kebingungan dalam mencukupi kebutuhan darah bagi pasien, PMI telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit untuk membentuk bank darah.

“Petugas RS yang mengambil darah ke PMI, tak lagi keluarga pasien yang harus melakukan pencarian.” Pada bagian lain, Soni mengaku belum melakukan mobiling dalam rangka menjadi pendonor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bayar COD Dengan Uang Mainan, Pelaku Diburu Polisi

Polsek Pleret, Bantul memburu keberadaan orang yang melakukan pembayaran seorang kurir senilai Rp500.000 dengan uang mainan saat COD

Pangdam dan Kapolda Jateng Pantau Vaksinasi Mahasiswa di UIN Surakarta

Pelaksanaan vaksinasi untuk perguruan tinggi negeri di Jateng dimulai di UIN Raden Mas Said Surakarta dan diikuti 2.000 mahasiswa Soloraya.

Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu 31 Juli 2021: Indonesia Terlempar ke Posisi 53

Indonesia menempati peringkat 53, sama dengan Mongolia dengan 1 perak dan 2 perunggu.

Dugaan Pungli Pemakaman Pasien Covid-19 di TPU Daksinoloyo, Ini Sikap Kapolresta Solo

Kasus dugaan pungli pemakaman pasien Covid-19 terjadi di wilayah Sukoharjo. Jika ada proses hukum, bakal diselesaikan oleh Polres Sukoharjo.

Walah! Penyaluran BLT di Bantul Banyak Yang Salah Sasaran

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Bantul, akan mengecak kembali penerima BLT yang diduga salah sasarn.

Perangkat Desa Jogoprayan Klaten Terpapar Corona, Kantor Desa Ditutup 3 Hari

Penutupan Kantor Desa Jogoprayan di Kecamatan Gantiwarno, Klaten dilakukan guna memutus mata rantai persebaran Covid-19.

Pedagang Usul Bupati Kudus Instruksikan ASN Belanja di Pasar

Pedagang pasar tradisional di Kabupaten Kudus, usul agar bupati membuat instruksi supaya ASN berbelanja di pasar tradisional.

Kemenkes: Ada Tambahan 388.402 Orang Penerima Vaksinasi Lengkap

Data Kemenkes pada Sabtu (31/7/2021) menyebutkan penduduk yang divaksinasi Covid-19 lengkap dosis 1 dan 2 bertambah sebanyak 388.402 orang.

Kalah Lagi, Ahsan/Hendra Gagal Sumbang Medali Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan  tumbang 21-17, 17-21 dan 14-21 dari ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dalam perebutan medali perunggu.

Dulu 1.400, Kini Lion Air Group Hanya Operasikan 140 Penerbangan per Hari

Lion Air Group berupaya melakukan mitigasi guna menjaga kontinuitas perusahaan dengan mengurangi kapasitas penerbangan.

Finis Kelima, Lalu Muhammad Zohri Gagal ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Zohri mencatatkan waktu 10.26 detik dan finis di peringkat kelima.

Data Kematian Covid-19 Pemprov Jatim dan Surabaya Kok Beda?

Pemprov Jatim hanyalah menyajikan data sebagaiamana laporan kabupaten/kota dalan sistem New All Record (NAR) milik Kementerian Kesehatan.