SOLOPOS.COM - Hasyim Kipuw (kiri), saat memperkuat Arema Indonesia di laga Liga Super Indonesia 2013, beberapa waktu lalu. DokJIBI/Solopos/Antara

Hasyim Kipuw (kiri), saat memperkuat Arema Indonesia di laga Liga Super Indonesia 2013, beberapa waktu lalu. DokJIBI/Solopos/Antara

Hasyim Kipuw (kiri), saat memperkuat Arema Indonesia di laga Liga Super Indonesia 2013, beberapa waktu lalu. DokJIBI/Solopos/Antara

Solopos.com, JAKARTA – Wing back Timnas Indonesia, Hasyim Kipuw, bercerita tentang suasana ramadan di tengah-tengah menjalani pemusatan latihan bersama tim nasional. Pemain milik Arema Indonesia ini pun memberi bocoran, bahwa dirinya sempat batal puasa karena penyakit maag-nya kambuh.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Menjalani pemusatan latihan timnas di bulan suci ramadan merupakan sebuah pengalaman tersendiri buat Hasim Kipuw. Ia mengatakan, toleransi para pemain tetap terjaga.

“Puasa tetap dijalankan meski malamnya latihan. Karena ‘kan setelah buka puasa, diberi waktu dulu baru, setelah itu latihan. Tidak ada masalah fisik. Semua baik kok,” ungkap Kipuw kepada detiksport di Hotel The Sultan, Jakarta, Jumat (19/7/2013), di tengah persiapan tim Indonesia XI untuk menghadapi Liverpool.

Pelatih Jacksen F Tiago sebelumnya mengatakan dirinya memang memberikan porsi latihan yang berbeda dengan ketika menghadapi Arsenal. Kekalahan telak 0-7 membuat Jacksen harus menerapkan sistem latihan yang lebih intensif.

“Sempat batal puasa kemarin, karena maag-nya kambuh. Fisiknya agak tidak kuat, mungkin karena latihan malamnya agak panjang. Jadi paginya lemas,” tambah Kipuw.

Meski berpuasa, Kipuw mengaku rekan setimnya itu tetap saling menghormati. “Banyak juga yang tidak puasa, karena memang ada beberapa yang nonmuslim. Tapi mereka saling menghormati kok.”

Tentang persiapan menghadapi Liverpool, Kipuw mengaku akan berusaha memberikan permainan yang terbaik. Meski latihan malam ini latihan yang terakhir, dia merasa sudah siap menghadapi klub Inggris itu.

“Latihan sih seperti biasa. Cuma ada tambahan sedikit dari pelatih. Belajar dari kekalahan lawan Arsenal kemarin, kami harus tampil lebih baik. Yang pasti besok kami akan memberikan yang terbaik. Pertandingan besok sangat mempengaruhi pengalaman setiap pemain dan mental bertanding juga agar lebih baik,” simpulnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya