SOLOPOS.COM - Ilusatrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Foto Razia Makanan di Jalur Gaza
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja, JOGJA-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan jajanan pasar Jajanan Lauk Pauk Gubuk Azhar Zerba Ada (Jalur Gaza) di Jogokariyan, Jogja aman dikonsumsi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini terungkap dari hasil pengujian petugas BPOM DIY terhadap 20 sampel makanan di pasar tersebut.

“Hasilnya negatif. Jadi masyarakat aman dan tidak perlu was-was membeli makanan disini,” kata Kasi Sertifikasi BPOM DIY, Noviera Sarasati, Jumat (12/7/2013) usai pengujian.

Menurutnya pada pengujian kali ini, BPOM sengaja mengambil sampel dari beberapa makanan yang diindikasi mengandung pewarna pakaian dan borak. Makanan tersebut kemudian dilakukan pengujian di mobil pengujian keliling.

“Dan hasilnya, negatif. Kami sendiri akan terus melakukan hal sama di beberapa tempat nantinya,” jelasnya.

Sementara petugas penguji Suryanto mengungkapkan makanan sampel telah diuji dalam beberapa tes. Untuk mengetahui kandungan rodamin pihaknya menggunakan tiga reagen berbeda.

Sedangkan untuk mengetahui mektanil yellow, cukup menggunakan satu reagen. Sementara untuk kandungan Borak, pihaknya menggunakan dua alat uji yakni kertas dan satu reagen. “Hasilnya negatif,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya