Raja Tak Berkenan, Prospek Politik Sang Kakak Jadi Bakal Calon PM Thailand Buram

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BANGKOK – Nasib Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi, 67, kakak Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, yang diusung sebagai bakal calon perdana menteri oleh Partai Thai Raksa Chart, kini jadi suram. Raja tidak berkenan dengan pencalonan itu, sementara partai pengusungnya pun kini menghadapi risiko dibubarkan.

Komisi Pemilihan Umum Thailand dijadwalkan bersidang Senin (11/2/2019) ini untuk membahas pencalonan Putri Ubolratana. Sebelumnya akhir pekan lalu Raja Maha Vajiralongkorn menyatakan “tidak pantas dan layak” Seorang anggota keluarga kerajaan memasuki dunia politik. Pernyataan Raja itu menanggapi berita pencalonan Putri Ubolratana pada Jumat lalu. Komisi Pemilihan memiliki waktu hingga Jumat mendatang untuk memutuskan status Putri Ubolratana. Bisa dipastikan para anggota lembaga itu takkan mengabaikan pernyataan Raja yang meski secara politik tidak berkuasa langsung atas pemerintahan namun tetap dianggap sebagai simbol spiritual.

Sang Putri diusung oleh partai yang mendukung mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, tokoh yang sangat populer di kalangan rakyat pedesaan, namun tak disukai oleh kelompok kelas menengah ke atas yang cenderung dekat dengan militer.

Pemilu pada 24 Maret mendatang adalah yang kali pertama sejak terjadinya kudeta militer yang menggulingkan pemerintahan pro-Thaksin pada 2014. Pemimpin militer yang kini berkuasa, Prayuth Chan-ocha, juga mencalonkan diri dalam pemilu mendatang dengan diusung partai yang pro-militer.

Sementara pada Minggu (10/2), Srisuwan Janya, Sekretaris Jenderal Asosiasi Perlindungan Konstitusi, menyatakan bakal menyampaikan petisi pembubaran Partai Thai Raksa Chart yang mengusung Putri Ubolratana sebagai bakal calon PM. “Pernyataan kerajaan sudah menegaskan bahwa partai ini melanggar undang-undang pemilu,” ujar Srisuwan. Menurut dia petisinya kepada Komisi Pemilihan Umum akan berisi permohonan agar komisi itu merekomendasikan kepada Mahkamah Konstitusi untuk membubarkan Thai Raksa Chart.

Ketua Thai Raksa Chart, Chaturon Chaisaeng, menolak mengomentari berita soal adanya petisi untuk membubarkan partainya. Dia menyatakan partainya akan menerima amanat Raja dan terus melangkah menyongsong pemilu untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi negeri itu.

Keluarga kerajaan selama ini memiliki tradisi tidak ikut campur atau terjun langsung dalam kegiatan politik. Ada aturan pula yang melarang semua partai berkampanye dengan mengusung nama atau hal-hal yang terkait dengan raja dan keluarganya.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.