SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Pemerintah Kota Solo bersama dengan PT. Kereta Api Indonesia hari ini, Selasa (12/7) mengujicobakan railbus dengan rute dari Solo hingga Wonogiri. Railbus tiba di Kota Solo Selasa (12/7) siang dari PT. INKA di Madiun selaku pabrik pembuatnya. Railbus seharga 16 miliar rupiah ini didanai Kementerian Perhubungan Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Yosca Herman Sudrajad menjelaskan ujicoba meliputi uji laik jalan railbus, uji kekuatan railbus, serta pemantauan hambatan di sepanjang  jalur rel. Menurut Yosca, kondisi rel dari stasiun Purwosari hingga stasiun Kota di Sangkrah cukup bagus pasca penggantian rel oleh PT. KAI. Namun kemungkinan hambatan akan ada di jalur Sukoharjo hingga Wonogiri, antara lain dengan adanya rel di atas jembatan hingga perlintasan rel tanpa palang pintu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kecepatan railbus dapat mencapai 140 kilometer per jam namun untuk perjalanan di dalam kota Solo hanya akan berkecepatan 30 kilometer perjam.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, peresmian railbus akan dilangsungkan 26 Juli mendatang. Railbus ini akan menggantikan fungsi KA Feeder dengan jalur yang sama, yaitu dari Solo hingga Wonogiri. [SPFM/lia]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya