SOLOPOS.COM - RAILBUS--Railbus Batara Kresna diujicoba melintasi Gladak Solo, Rabu (25/4/2012) oleh PT KAI Daops VI Jogjakarta. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)


RAILBUS--Railbus Batara Kresna melintas di Gladak Solo, Rabu (25/4/2012) ketika dilakukan ujicoba oleh PT KAI Daops VI Jogjakarta. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta menyiapkan sedikitnya 10  masinis untuk menjalankan railbus yang rencananya dioperasionalkan mulai 20 Juni 2012.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Dalam waktu dekat, para masinis itu akan menjalani pelatihan guna mendapatkan sertifikat sebagai masinis railbus.  Demikian diungkapkan Junior Manager Inspektur (JMI) Operasional dan Sarana PT KAI Daops VI Yogyakarta, Suhardi, saat diwawancarai wartawan seusai mengikuti acara peringatan dua tahun car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi Solo di Pertigaan Stadion R Maladi Sriwedari, Minggu (27/5/2012).

Suhardi menjelaskan, setiap masinis harus mengantongi sertifikat sesuai jenis lokomotif yang akan dilayani, semacam tanda kecakapan di luar sertifikat umum sebagai masinis yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Sejauh ini, kata Suhardi, PT KAI Daops VI belum memiliki masinis yang mengantongi sertifikat railbus.

“Pelatihan bagi instrukturnya dilaksanakan di PT Inka, tapi pelatihan untuk masinis railbus-nya nanti di sini. Rencananya dimulai Senin (28/5/2012) supaya bisa siap pada 20 Juni nanti,” ujarnya.

Jumlah masinis sendiri untuk wilayah Solo, menurut Suhardi, saat ini ada sebanyak 42 orang. Mereka semua akan diikutkan pelatihan kemudian nanti 10 orang di antaranya yang lolos sertifikasi railbus akan ditugasi menjalankan kereta modern itu.

Ditanya soal kesiapan lainnya, Suhardi mengatakan hampir semuanya sudah beres. “Untuk kondektur dan awak kereta nanti akan dikerjasamakan dengan Prameks.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya