SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Menteri Perhubungan Freddy Numberi meresmikan pengoperasian railbus jurusan Solo-Wonogiri. Diharapkan prasarana tersebut akan mampu memperlancar mobilitas warga, meningkatkan perekonomian, dan menjadi salah satu andalan wisata bagi Solo dan sekitarnya karena jalur kereta di Solo.

Peresmian railbus dilakukan di depan rumah dinas Walikota Surakarta, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Selasa (26/7). Kereta tersebut akan melayani penumpang Solo-Sukoharjo-Wonogiri dengan menempuh jarak sekitar 33 km.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Kereta buatan PT Inka Madiun tersebut terdiri dari satu rangkaian dengan tiga gerbong dengan kapasitas 160 orang, berkecepatan maksimum 100 km/jam dengan tenaga output sebesar 560 KW yang dibangkitkan dari mesin yang dipasang di rangka bawah. Bus kereta tersebut juga dilengkapi dengan AC serta rak bagasi untuk penempatan barang penumpang.

Ekspedisi Mudik 2024

Program pengadaannya dilaksanakan melalui DIPA dalam dua tahap yaitu tahap pertama pada 2009 dan tahap kedua pada 2010, dengan total biaya Rp16 miliar.

“Kita juga harus mengurangi kecenderungan masyarakat perkotaan menggunakan kendaraan pribadi untuk transportasi, karena akan dampak pemborosan BMM dam kemacetan. Kita berharap railbus akan menjadi pilihan warga karena lebih hemat lahan, hemat energi dan tanpa menimbulkan kemacetan,” ujar Freddy dalam sambutannya.

Fredy juga berharap Pemkot Surakarta mampu memanfaatkan keberadaan railbus sebagai sarana andalan pariwisata karena keunikan rel KA di Solo. Disebutkannya hanya ada di Solo rel KA yang berdampingan dengan jalan utama kota dan keduanya masih berfungsi baik. Yang dimaksudkannya adalah lajur KA Solo-Wonogiri yang berdampingan dengan Jalan Slamet Riyadi.

Railbus tersebut selanjutnya diberi nama Bathara Kresna, mengambil nama dari tokoh pewayangan Mahabarata. “Kurang begitu paham dunia pewayangan, namun penamaan itu cukup bagus karena diketahui bahwa Bathara Kresna di pewayangan adalah tokoh yang selalu memberi pertolongan dan membahagiakan orang lain. Kita ambil spirit itu,” ujar Fredy Numberi.(dtc)

Foto (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya