SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menyerahkan pengelolaan dan operasional railbus kepada PT Kereta Api (KA).

Sebagaimana diketahui, railbus yang telah diluncurkan di Kota Solo pada bulan Februari 2011 lalu, dibawa kembali ke PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun untuk dilakukan sejumlah pembenahan pada bagian interiornya. Rencananya, railbus tersebut akan didatangkan kembali ke Kota Bengawan pada tanggal 27 Juli mendatang untuk dioperasikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan keberadaan railbus di Solo sebagai salah satu ikon untuk mem-branding kota. Namun untuk pengelolaan dan operasionalnya, menurut Jokowi, akan menjadi ranah PT KA.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sama seperti pengelolaan BST (Batik Solo Trans-red), kami serahkan ke PT Damri karena mereka kan “ahlinya”. Begitu juga railbus nanti kami serahkan pengelolaannya kepada PT KA karena itu merupakan ranah PT KA,” terang Jokowi ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo akhir pekan kemarin.

Ditemui terpisah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad, Minggu (10/7/2011) mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya akan segera mengadakan pertemuan dengan PT KA.

“Rencananya pekan depan kami akan bertemu dengan PT KA untuk membicarakan tentang pengelolaan railbus, termasuk bagaimana nanti pengoperasiannya, tarifnya dan sebagainya. Tentunya kami berharap railbus nantinya bisa dioperasikan setiap hari untuk melayani masyarakat dengan trayek Solo-Sukoharjo-Wonogiri dengan tarif yang tidak jauh berbeda dengan tarif Feeder,” jelasnya.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya