SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna (Dok/Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Railbus Batara Kresna (Dok/Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Jogja mewacanakan railbus Batara Kresna bisa berhenti di Stasiun Kota atau Sangkrah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pejabat Humas PT KAI Daop VI Jogja, Eko Budiyanto mengatakan wacana ini muncul setelah ada banyak permintaan dari masyarakat yang menginginkan railbus berhenti di Sangkrah. Menurut dia, masukan ini patut dipertimbangkan dan siap diagendakan jika ada penyusunan jadwal perjalanan baru kereta api tahun 2013.

“Ini masukan yang bagus, karena selama ini, operasional railbus khususnya untuk trip Purwosari-Sukoharjo dan sebaliknya, masih sangat minim penumpang,” kata Eko.

Kondisi ini diakui pula oleh Kepala Stasiun Purwosari, Bekti Sulistyo. “Memang masih sangat minim. Untuk bulan ini, rata-rata penumpang railbus terutama trip Purwosari-Sukoharjo itu hanya sekitar 24 orang per hari. Bulan Agustus lalu rata-rata mencapai 44 orang per hari karena bertepatan musim Lebaran,” kata Bekti, di ruang kerjanya, Jumat (21/9/2012).

Bekti juga tidak menampik bahwa pada hari-hari biasa, penumpang railbus hanya berkisar sembilan orang atau 10 orang per hari. “Jadi, dari analisa kami sementara ini, memang railbus sepi penumpang karena tidak berhenti di Sangkrah,” imbuh Eko.

Awalnya, lanjut Eko, PT KAI memiliki pertimbangan bahwa jarak antara Stasiun Purwosari dengan Stasiun Kota itu sangat dekat. Jadi, dari Stasiun Purwosari diputuskan untuk tidak berhenti di Stasiun Kota.  “Tapi ternyata dari masyarakat menilai jarak dua stasiun itu sangat jauh. Saya melihat, potensi penumpang ke Sukoharjo dari Stasiun Kota itu cukup besar. Jadi ke depan rencananya railbus akan berhenti di Stasiun Kota.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya