SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG —Kereta api yang berfungsi sebagai rumah sakit berjalan atau kereta kesehatan yang dilabeli nama Rail Clinic oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), Kamis (28/3/2019), melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis di Stasiun Alastua, Semarang, Jawa Tengah.

Rail Clinic yang dilibat dalam bakti sosial itu adalah kereta api kesehatan generasi ke-4. Rangkaian Rail Clinic Generasi ke-4 itu dilengkapi dengan Rail Library atau Kereta Pustaka.  Dalam Rail Library ini terdapat ratusan buku bacaan yang dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik, berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak yang terkoneksi dengan Internet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala PT KAI Daops IV Semarang Muhammad Nurul Huda mengatakan keterlibatan Rail Clinic generasi ke-4 di Stasiun Alastua ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT KAI Daopa IV Semarang di sejumlah jalur rel kereta api. 

Ekspedisi Mudik 2024

CSR dengan melibatkan Rail Clinic itu sudah menjadi agenda tahunan di wilayah PT KAI Daops IV Semarang sejak tahun 2016. Pada tahun 2016 silam, bakti sosial kesehatan dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Stasiun Kedungjati, kemudian pada tahun 2017 dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Stasiun Randublatung. “Dan ditahun 2018 dilaksanakan di Stasiun Kradenan, Stasiun Gundih, dan Stasiun Kaliwungu,” ujarnya.

Bakti sosial kali ini melibatkan unsur-unsur kewilayahan di wilayah Kecamatan Genuk dan Kecamatan Pedurungan. Pihak PT KAI Daops IV melaksanakan serangkaian kegiatan bakti sosial.  Kegiatan tersebut terdiri atas pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar Stasiun Alastua, pemberian kaca mata gratis kepada 57 siswa sekolah dasar yang terdapat di wilayah sekitar Stasiun Alastua (SD Bangetayu Kulon 01, SD Bangetayu Wetan 01, dan MI Miftahul Ulum Bangetayu), pemberian bantuan alat-alat olah raga kepada SDN 01 Tlogomulyo. 

Pemberian sarana dan alat kesehatan kepada Kelas Ibu Hamil Ceria UPTD PKM Bangetayu, dan pemberian karpet dan tikar kepada Panti Asuhan Yayasan AN NUR BUDI UTOMO dan warga Perum Graha Mukti Tlogomulyo.  “Selain itu juga diberikan penyuluhan seputar kesehatan dan peraturan keselamatan perjalanan kereta api, serta pembagian berbagai souvenir menarik,” ucapnya.

Disebutnya, pada kesempatan ini PT KAI Daop 4 Semarang telah menggundang masyarakat sekitar Stasiun Alastua untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. Pelayanan kesehatan yang diberikan yakni pemeriksaan dokter umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mata, laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. PT KAI telah menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari empat dokter umum, dua dokter gigi, dua perawat gigi, dua bidan, seorang apoteker, seorang assiten apoteker, dan 10 paramedis.

Diharapkan dengan adanya kegiatan bakti sosial yang melibatkan sarana Rail Clinic Generasi ke-4 ini, bisa terjalin komunikasi yang baik antara pihak PT KAI dengan masyarakat sekitar Stasiun Alastua dengan wujud kerja sama yang harmonis dalam mendukung perkembangan perkeretaapian di wilayah Stasiun Alastua. “Selain itu, juga diharapkan masyarakat ikut andil dalam menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya