SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso (kanan), menyerahkan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut kepada Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya (kiri) di kantor bupati setempat, Kamis (5/11/2020). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan penghargaan kepada Pemkab Sukoharjo lantaran mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hingga lima kali berturut-turut sejak 2015.

Penghargaan dalam bentuk piagam dan plakat itu sebagai apresiasi keberhasilan Pemkab Sukoharjo dalam menyusun dan menyajikan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso, menyerahkan penghargaan dari Kemenkeu tersebut kepada Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Kamis (5/11/2020). . Penyerahan penghargaan berlangsung di Kantor Bupati Sukoharjo.

Selamat! 2 Kelurahan Di Sukoharjo Ini Raih Penghargaan Dari Kementerian Lingkungan Hidup

Hadir pada acara penghargaan untuk Pemkab Sukoharjo itu yakni forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Sukoharjo.

Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada Pemkab atas keberhasilan mempertahankan opini WTP lima kali berturut-turut.

“Pemerintah daerah yang berhasil mempertankan opini WTP lima kali berturut-turut atau 10 kali berturut-turut mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Yang saya tahu, Kota Solo mempertahankan opini WTP 10 kali berturut-turut,” kata Sugiarso.

H-1 Debat Pilkada Solo: Begini Situasi Dan Persiapan Venue Di Hotel Sunan

Menurut Sugiarso, ada empat indikator penilaian opini WTP yakni kesesuaian, pengungkapan informasi pada laporan keuangan secara jelas dan detail, sistem pengendalian internal. Juga pelaksanaan pengelolaan anggaran harus sesuai perundang-undangan.

Pengelolaan Aset

Ia mencontohkan persoalan pengelolaan aset daerah di Sukoharjo yang kerap menjadi ganjalan dalam meraih predikat WTP. Pemkab Sukoharjo melakukan pembenahan total pengelolaan aset daerah sehingga mampu meraih opini WTP lima kali berturut-turut dan mendapat penghargaan.

“Empat indikator ini harus terpenuhi oleh setiap daerah untuk meraih opini WTP. Ke depan, saya yakin Pemkab Sukoharjo mampu menjaga opini WTP. Karena memiliki tim pengelola keuangan dan aset daerah yang solid,” ujarnya.

Puluhan Petugas Satpol PP Disiagakan Di Pasar Cinderamata Solo, Ada Apa?

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah menyerahkan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019 pada Mei.

Prestasi ini merupakan bukti komitmen dan kerja keras setiap OPD Pemkab Sukoharjo dalam melakukan tata kelola keuangan dan manajemen aset selama 2019.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, mengatakan penghargaan opini WTP lima kali berturut-turut menjadi cambuk bagi setiap OPD. Setiap OPD harus bekerja lebih keras dalam mengelola keuangan secara transparan dan akuntabel. Kinerja dalam mengelola keuangan dan aset daerah terlaksana dengan sinergitas setiap OPD Pemkab Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya