SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


LONDON-klub raksasa Jerman, Bayern Munich dilaporkan telah menjadi klub terkaya, usai meraih trofi Liga Champions, akhir pekan lalu.

Berdasarkan studi yang dilakukan Brand Finance plc, saham Bayern meningkat menjadi 569 juta pounds, atau naik 8 persen dari tahun sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun Manchester United yang memenangkan gelar liga ke 20  berada di posisi kedua, setelah saham mengalami penurunan 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara untuk posisi sepuluh besar, masih terdapat beberapa klub Inggris yang bertengger seperti Chelsea, Arsenal, Liverpool dan Manchester City.

“Bayern Munich memang mendominasi liga domestik. Namun kehadirannya di Liga Champions telah memberikan pengaruh yang signifikan,” kata kepala Merek Finance valuasi sdports, Dave Chattaway.

“Tantangannya sekarang untuk semua klub Bundesliga dan liga itu sendiri adalah untuk melihat apakah mereka dapat mengekspor kekuatan merek dalam negeri mereka ke peluang global,” lanjutnya.

Sementara Brand Finance mengatakan Bayern mengambil posisi teratas berkat keuangan dan reputasi internasional sebagai klub sepak bola yang berkualitas.

“Tiket murah, penonton tinggi, struktur kepemilikan demokratis dan kehati-hatian keuangan Bundesliga sekarang tampak seperti alternatif yang menarik untuk Liga Premier,” kata CEO Brand Finance, David Haigh terpisah.
Berikut ranking 10 besar klub terkaya

No     Perubahan     Team                            Brand Value
1         +1                      Bayern Munich        £569m
2         -1                      Manchester United    £554m
3           –                       Real Madrid        £411m
4           –                       Barcelona        £379m
5           –                       Chelsea            £277m
6           –                      Arsenal            £271m
7          –                       Liverpool        £239m
8           –                    Manchester City        £220m
9           –                     AC Milan        £174m
10    +1         Borussia Dortmund    £172m

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya