Raih Pendanaan US$70 Juta, Deliveree Siap Perluas Marketplace Logistik

Deliveree merupakan suatu marketplace pengiriman trucking dan kargo paling populer di Asia Tenggara dengan Indonesia, Filipina, dan Thailand sebagai negara operasionalnya.

 Deliveree merupakan marketplace pengiriman trucking dan kargo paling populer di Asia Tenggara. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Deliveree merupakan marketplace pengiriman trucking dan kargo paling populer di Asia Tenggara. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Deliveree mengumumkan selesainya putaran investasi Seri C senilai US$70 juta atau sekitar Rp1 triliun.

Dikenal luas dari truk-truk bermerek hijau yang terlihat di jalanan dan lokasi-lokasi logistikDeliveree merupakan suatu marketplace pengiriman trucking dan kargo paling populer di Asia Tenggara dengan Indonesia, Filipina, dan Thailand sebagai negara operasionalnya.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Marketplace logistik ini akan menggunakan pendanaan baru untuk memperdalam kemampuan perusahaan dalam hal pelayanan bisnis segala ukuran, menambahkan solusi kargo kontainer di marketplacenya, dan juga memperluas pasar secara nasional di negara-negara operasionalnya.

Investasi ini disebut sangat krusial bagi perusahaan di saat marketplace dan network kompetitif bersaing untuk masa depan logistik darat dan laut.

Marketplace dan network yang menang akan ditentukan oleh pemanfaatan teknologi guna menambah efisiensi dan mengurangi biaya bagi industri yang relatif tidak tersentuh (underserved) oleh disrupsi teknologi modern selama 30 tahun terakhir.

Baca Juga: ALI Sebut Biaya Logistik Indonesia Masih Mahal, Ini Penyebabnya

Pendiri & CEO Deliveree, Tom Kim dalam keterangan tertulis mengatakan, marketplace Deliveree lebih dari sekadar platform yang mempertemukan pengirim dengan angkutan.

Teknologinya dirancang untuk mendigitalisasi seluruh proses dari pengiriman hingga tujuan akhir dan mendukung ketersediaan data untuk klien melalui aplikasi dan dasbor yang user-friendly.

Dijelaskan, aplikasi dan dasbor ramah pengguna ini memberikan analisis real-time kepada kliennya dengan pelacakan, pembaruan ETA, unggahan foto langsung, unggahan tanda tangan langsung, dan juga unggahan dokumentasi digital untuk setiap pengiriman.

Lebih jauh lagi, marketplace Deliveree menggunakan big data dan analitik prediktif yang mengatasi buruknya pemanfaatan armada truk yang ada di jalan raya dan jalan tol saat ini. Pemanfaatan big data yang efektif ini memiliki implikasi luas bagi industri trucking dan kargo di wilayah operasionalnya.

Baca Juga: Bukalapak Gandeng Gojek, Pengiriman Barang Bisa Dipantau Real Time

Bergantung Pada Big Data

“Deliveree berperang melawan truk kosong. Saat ini, bisnis mengirim truk penuh dari gudang mereka ke tujuan dan biasanya truk itu kembali kosong. Smart marketplace kami bergantung pada big data untuk mengumpulkan ribuan muatan pelanggan setiap hari untuk menempatkan barang ke dalam truk kosong yang mengurangi biaya setiap perjalanan transit. Pelanggan menghemat uang, pengemudi mempertahankan pendapatan mereka, dan kami hanya membutuhkan setengah jumlah truk di jalanan untuk membawa jumlah barang yang sama, hal ini baik bagi lalu lintas, infrastruktur, dan bahkan lebih baik untuk lingkungan. Semua orang menang,” ujar Tom Kim dalam rilis yang diterima Solopos, Kamis (30/6/2022).

Saat ini, lanjut dia, Deliveree mendukung solusi trucking dan kargo lebih dari 25.000 bisnis secara rutin, terintegrasi dengan ratusan klien perusahaan, dan berinvestasi besar-besaran untuk memperluas solusi transportasi yang tersedia bagi klien di pasarnya yang ada di mana-mana.

Selain itu, Deliveree memberikan pendapatan penting bagi puluhan ribu pemilik atau pengelola truk dan UKM perusahaan trucking di Indonesia, Filipina, dan Thailand.

“Beberapa hasil dari Seri C akan digunakan untuk investasi lebih lanjut dalam pendidikan logistik gratis untuk komunitas pengemudinya,” ujarnya.

Baca Juga: Gibran Imbau Masyarakat Belanja Online, Ini Alasannya

Deliveree mengelola serangkaian pusat pelatihan pengemudi offline dan virtual yang menyediakan puluhan kelas logistik gratis dan pilihan untuk mengakreditasi pengemudi dengan keterampilan dan sertifikasi baru.

Sertifikasi ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan pemesanan khusus dari klien bisnis yang memerlukan akreditasi lebih lanjut di lokasi gudang dan fasilitas logistiknya. Contoh akreditasi tersebut adalah kesehatan dan keselamatan kerja, transportasi barang berbahaya, penggunaan peralatan keselamatan, dan protokol inventaris dan keamanan.

“Memberdayakan komunitas angkutan untuk memaksimalkan pemanfaatan armada adalah salah satu investasi pandangan masa depan Deliveree dalam upaya digitalisasi ekosistem logistik Asia Tenggara,” ujar Tom Kim.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggalangan dana Seri C Deliveree dengan mengakses rilis pers lengkap di sini: https://www.deliveree.com/id/deliveree-seri-c-investasi-teknologi-logistik-sea/

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah Terbatas

      Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (16/8/2022) hari ini.

      BRI Dukung Industri Kopi Indonesia Go International Lewat Acara Ini

      BRI berkomitmen untuk terus mendorong para stakeholder bersama-sama membangun industri kopi Indonesia.

      Jumlah Pengguna SPKLU di Solo Masih Minim, Ini Alasannya

      PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Kota Solo, menyebutkan pemanfaatan layanan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Kota Solo masih minim.

      Impor Baju Bekas Dilarang, Ini Alasan Penggemar Tetap Milih Thrift

      Sejumlah penggemar pakaian thrift di Kota Solo menilai, thrifting menjadi suatu hal yang menurut mereka cukup menyenangkan dan ramah kantong.

      Indonesia Disebut Masih Mengimpor Beras Khusus, Apa Itu?

      Meskipun Indonesia sudah tidak mengimpor beras selama 3 tahun, namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia masih mengimpor beras khusus hingga 2022.

      Menko Airlangga Beberkan Kunci Penting Pemulihan Ekonomi Indonesia

      Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,44 persen (yoy) pada Q2 tahun 2022.

      Cara Memilih Toko Bangunan Online Terpercaya Melalui Ukur.com

      Sesuai perkembangan zaman yang semakin modern, tentunya keberadaan toko bangunan bisa ditemukan dan didapatkan menggunakan media online. Salah satu marketplace terbaik yang bisa Anda pilih untuk membeli bahan-bahan bangunan yang berkualitas yaitu Ukur.com.

      Resmi Dibuka! Ini Cara dan Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 41

      Secara resmi, kabar pembukaan kartu prakerja gelombang 41 ini diumumkan langsung oleh akun Instagram resmi Kartu Prakerja @parakerja.go.id.

      Bela Pegawai yang Diancam Pencuri Cokelat, Begini Respons Alfamart

      Manajemen Alfamart menanggapi ancaman UU ITE yang diterima oleh salah satu pegawainya di gerai Alfamart Sampora, Tangerang Selatan.

      Berkat Tokopedia, Omzet 3 UMKM Lokal ini Melesat

      Di Hari UMKM Nasional, Tokopedia mengumumkan daerah dengan peningkatan penjualan paling banyak.

      IndiHome Meriahkan Perayaan HUT ke-77 RI di 2 Perumahan Solo

      IndiHome ikut memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI di Kota Solo.

      3 Prinsip Dasar Sri Prakash Lohia Jadi Orang Terkaya ke-4 di Indonesia

      Dalam menjalankan bisnisnya, Sri Prakash Lohia memegang tiga prinsip dasar yang membawanya meraih kesuksesan hingga menjadi orang kaya keempat di Indonesia.

      AirAsia Belum Buka Pendaftaran Drivel Ojol di Indonesia, Ini Alasannya

      AirAsia Super App Indonesia memastikan belum membuka pendaftaran driver ojek online (ojol) di Indonesia, namun baru membuka di Malaysia.

      Harga Minyak Goreng Curah Terus Turun, Cek Pantauan Hari Ini

      Harga minyak goreng curah di wilayah Jawa-Bali sudah terpantau di bawah HET pada Jumat (13/8/2022).

      Catatkan Waktu Tercepat, Atjong Tio Juara Mandiri Jogja Marathon 2022

      Setelah sempat tertunda selama dua tahunAjang sport tourism tahunan Bank Mandiri bertajuk Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2022 berhasil mencetak juara baru.