SOLOPOS.COM - Rafael Nadal Juara Prancis Open 2017. (JIBI/Reuters/Christian Hartmann)

Rafael Nadal menjuarai Prancis Open 2017.

Solopos.com, PARIS — Rafael Nadal melompat dua tingkat ke peringkat kedua ATP seusai menjuarai Prancis Open di Roland Garros, Paris, Minggu (11/6/2017) malam WIB. Ini adalah ranking tertinggi Nadal sejak Oktober 2014. Adapun peringkat pertama masih dipegang Andy Murray meski sang pemain hanya mencapai semifinal di Prancis Open.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Kemenangan Nadal di Paris membuatnya meraih La Decima atau kemenangan kesepuluh di grand slam Prancis Open. Trofi itu menutup puasa gelar grand slam Nadal setelah kali terakhir meraihnya di tempat yang sama tiga tahun silam.

Hasil tersebut membuat Nadal menjadi petenis dengan peningkatan poin terbanyak di musim 2017 ini dengan 6.915 poin. Sebelum menjuarai Prancis Open, Nadal berhasil memenangi Monte Carlo Masters, Barcelona Open dan Madrid Masters tahun ini. Semua turnamen tersebut digelar di lapangan tanah liat.

Petenis 31 tahun ini pun mulai bermimpi untuk kembali menjadi petenis terbaik di dunia. Total poin petenis yang dijuluki Raja Tanah Liat itu saat ini 7.375, berjarak 2.515 poin dari Murray di peringkat pertama.

Selisih itu mungkin tersusul jika Nadal memenangi dua atau tiga turnamen lagi tahun ini. Nadal terakhir kali merasakan menjadi petenis nomor satu dunia sembilan tahun silam, tepatnya Agustus 2008.

“Saya berada di posisi yang bagus. Saya baru saja memenangi turnamen paling penting tahun ini. Dengan kemenangan ini, Anda punya peluang untuk menjadi ranking berapa saja,” ujar Nadal seperti dilansir Deccan Chronicle, Senin (12/6/2017).

Nadal tampak sangat emosional seusai menjuarai Prancis Open 2017. Seusai membekuk Stanislas Wawrinka tiga set langsung, 6-2, 6-3, 6-1, Nadal langsung melempar raket dan menjatuhkan diri ke atas lapangan. Dia kemudian berdiri dan menutup wajahnya dengan kedua tangan.

Kegembiraan itu sampai membuat Nadal lupa dengan kebiasaannya yakni mengikat tali sepatu saat menjalani wawancara. “Saya sangat emosional,” ujarnya dilansir BBC.

Kegugupan Nadal tak berhenti saat wawancara. Nadal yang sempat diragukan bisa bangkit lagi setelah cedera berulang kali ini hampir menjatuhkan replika trofi Prancis Open. Untuk menandai sukses itu, Nadal diberi replika trofi Prancis Open. Biasanya para juara mendapatkan miniatur trofi untuk dimiliki.

Sebelum meraih La Decima di Prancis Open, Nadal lebih dulu membukukan pencapaian serupa di Monte Carlo Masters dan Barcelona Open beberapa waktu lalu. Di dua turnamen tersebut, dia juga sudah juara sepuluh kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya