Tim polo air putra Indonesia di SEA Games 2019. (Instagram-@jokowi)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada tim polo air putra Indonesia yang mempersembahkan emas pertama di ajang SEA Games 2019. Ini merupakan prestasi gemilang pertama tim polo air sejak Indonesia mengikuti SEA Games.

Ucapan selamat dan apresiasi terhadap atlet polo air Indonesia disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Instagram pribadinya, @jokowi, Sabtu (30/11/2019). Dia mengucapkan selamat lewat foto tim polo air Indonesia yang diunggah di Instagram.

“Kabar baik dari Filipina. Medali emas pertama Indonesia di SEA Games ke-30 datang dari tim polo air putra. Ini keping emas pertama polo air putra sejak keikutsertaan Indonesia pada SEA Games,” terang Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, prestasi ini membuktikan atlet Indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Lewat prestasi ini, Indonesia menghentikan dominasi Singapura yang meraih medali emas beruntun sejak SEA Games 1965 hingga 2017.

“Selamat untuk tim polo air putra!” tegasnya.

Dikutip dari Liputan6.com, Indonesia meraih medali emas setelah mendapat tiga kemenangan dan satu hasil imbang dalam pertandingan dengan sistem round robin (setengah kompetisi). Indonesia berada di puncak klasemen setelah meraih hasil imbang 6-6 kontra Filipina, mengalahkan Thailand 17-12, Singapura, 7-5, dan melibas Malaysia 14-7.

Indonesia harus menunggu hail pertandingan antara Filipina kontra Singapura yang berakhir dengan skor 6-6 sebelum dinobatkan sebagai juara. Bagi Indonesia, kemenangan ini merupakan sejarah.

Sebab, ini kali pertama tim polo air Indonesia meraih emas. Sebelumnya, Indonesia sempat meraih perak. Sebagai informasi, Indonesia kali pertama mengikuti cabang olahraga ini pada SEA Games 1977.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten