Tutup Iklan

Bawa 2 Emas, 3 Perak, 4 Perunggu Paralimpiade Tokyo 2020, Kontingen Indonesia Tiba di Tanah Air

Kontingen Indonesia menempati peringkat 43 dalam klasemen akhir medali Paralimpiade Tokyo 2020 dengan 2 emas, 3 perak, 4 perunggu.

 Tangkapan layar - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi sambutan dalam penyambutan kepulangan kloter terakhir Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Selasa (7/9/2021). (ANTARA/Muhammad Ramdan/aa)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi sambutan dalam penyambutan kepulangan kloter terakhir Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Selasa (7/9/2021). (ANTARA/Muhammad Ramdan/aa)

Solopos.com, TANGERANG – Kloter terakhir kontingen Indonesia yang tampil di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 akhirnya sudah tiba di Tanah Air pada Selasa (7/9/2021) pagi WIB tadi. Dalam penyambutan para atlet paralimpiade itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pun hadir untuk menerima kepulangan mereka.

Setidaknya 15 atlet paralimpiade, enam pelatih, tujuh pejabat NPC Indonesia, dan tim Paralimpiade Indonesia yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada pagi hari ini. Dalam rombongan tersebut tentu saja ada atlet para bulu tangkis yang menyumbang medali emas untuk Indonesia, yakni Leani Ratri Oktila.

Keseluruhan rombongan tiba dengan ditemani Chef de Mission (CdM) Andi Herman serta Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

Baca Juga: Brasil vs Argentina Langgar Prokes, 4 Pemain Argentina Terancam Dipenjara

Rombongan kloter terakhir kontingen Indonesia itu pun tak hanya disambut Menpora Zainudin, tapi Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari juga hadir di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tersebut.

Dalam penyambutan itu, Zainudin Amali menyampaikan terima kasih terhadap para atlet dan tim Paralimpiade Indonesia yang sudah berjuang di Tokyo, Jepang. Untuk menghargai segala jasa yang sudah diberikan, Zainudin pun mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo siap menerima seluruh atlet, pelatih, dan tim Paralimpiade Indonesia di Istana Negara.

Tentu saja pertemuan di Istana baru akan terlaksana seusai para atlet di kloter terakhir tersebut melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu, sebagaiman protokol kesehatan yang ada. Seusai menjalani isolasi mandiri, Menpora Zainudin memastikan akan mengatur dan membantu pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Penonton Manchester United di Old Trafford Harus Sudah Vaksinasi Covid-19

 

Peringkat 43

“Pagi ini kembali menerima kontingen Indonesia dengan rasa bangga dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena mereka telah kembali dengan selamat ke Tanah Air dan juga telah membawa hasil dan mengukir prestasi yang membanggakan buat bangsa dan negara,” kata Menpora Zainudin dalam konferensi pers penyambutan kloter terakhir kontingen Indonesia, Selasa (7/9/2021), seperti diberitakan Okezone.

“Salam hangat dan rasa bangga dari bapak Presiden Joko Widodo, semalam beliau sampaikan kepada saya dan saya melapor bahwa saya akan menjemput kontingen Indonesia yang kembali ke Tanah Air,” lanjutnya.

“Beliau menyampaikan salam hangat dan terima kasih atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kepada para pendamping, para pelatih, para atlet, dan seluruh kontingen Indonesia. Beliau menyampaikan pesan, nanti setelah karantina akan diatur jadwal para atlet, pelatih, dan kontingen Indonesia akan diterima langsung oleh bapak Presiden di Istana,” imbuh Menpora Zainudin.

Baca Juga: Jadwal dan Siaran Langsung Kualifikasi Piala Dunia 2022 Malam Ini

Selain Leani, ada 14 atlet yang masuk ke dalam bagian kloter terakhir tim paralimpiade Indonesia yang baru tiba di Indonesia. Nama-nama itu adalah Irfan Dwi Nurfianto, Hary Susanto, Dheva Anrimusthi, Fredy Setiawan, Ukun Rukaendi, Khalimatus Sadiyah, dan Suryo Nugroho dari cabang olahraga (cabor) para bulu tangkis.

Kemudian dari cabor para-atletik Famini, Jaenal Aripin, Elvin Elhudia Sesa, Karisma Evi Tiarani, Saptoyogo Purnomo, Putri Aulia, dan Setiyo Budihartanto.

Kontingen Indonesia menempati peringkat 43 dalam klasemen akhir medali Paralimpiade Tokyo 2020 dengan 2 emas, 3 perak, 4 perunggu. Posisi pertama ditempati China (96 emas, 60 perak, 51 perunggu), kedua Inggris Raya (41 emas, 38 perak, 45 perunggu), dan ketiga Amerika Serikat (37 emas, 36 perak, 31 perunggu). Pencapaian Indonesia itu jauh lebih bagus dibandingkan pada Paralimpiade Rio de Janeiro 2016 yang hanya memperoleh 1 medali perunggu dan berada di peringkat 76.

Baca Juga: 40 Tahun Koma, Mantan Bek Timnas Prancis Adams Meninggal Dunia

 

Dominasi Para Badminton

Medali emas Indonesia disumbangkan oleh ganda putri SL3-SU5 Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah cabor para badminton dan ganda campuran SL3-SU5 para badminton Leani Ratri Oktila dan Hary Susanto.

Tiga medali perak dari tunggal putri SL4 para badminton Leani Ratri Oktila, tunggal putra SU5 para badminton Dheva Anrimusthi, dan Ni Nengah Widiasih dari cabor para powerlifting/putri 41kg.

Sementara empat medali perunggu oleh Saptoyogo Purnomo (para atletik/putra 100m T37), David Jacobs (para tenis meja/tunggal putra TT10), Suryo Nugroho (para badminton/tunggal putra SU5), dan Fredy Setiawan (para badminton/tunggal putra SL4).


Berita Terkait

Berita Terkini

Debut Gagal Jacksen F. Tiago di Persis Solo

PSCS Cilacap membuka peluang lolos melaju ke babak delapan besar jika PSIM Jogja kalah melawan Persijap Jepara pada Selasa (30/11/2021) malam.

LIVE Persis Solo vs PSCS Cilacap: Laga Selesai, Persis Kalah 1-2

Persis Solo menantang PSCS Cilacap pada laga terakhir fase grup Liga 2. Persis sudah memastikan diri sebagai juara grup dan lolos ke babak 8 Besar.

Persijap vs PSIM: Misi Laskar Mataram Amankan Tiket 8 Besar

PSIM Jogja harus meraih poin di laga terakhir putaran kedua melawan Persijap Jepara untuk mengamankan satu tiket lolos ke babak delapan besar.

PSIP Pemalang & Persak Kebumen Lolos Semifinal Liga 3 Jateng

PSIP Pemalang dan Persak Kebumen memastikan tiket ke babak semifinal Liga 3 Jawa Tengah (Jateng) dari Grup F.

Susunan Pemain Persis Solo vs PSCS Cilacap: Beto Cadangan!

Persis Solo akan melawan PSCS Cilacap dalam lanjutan Grup C Liga 2.

Nyesek! PSISa Gagal ke Semifinal Liga 3 Jateng Setelah Dikalahkan PSIR

PSISa Salatiga dipastikan gagal melaju ke babak semifinal Liga 3 Zona Jateng setelah kalah dari PSIR Rembang.

Prediksi PSG Pati vs HWFC, Siapa Degradasi?

Tim milik Atta Halilintar, PSG Pati, akan menghadapi tim Muhammadiyah, Hizbul Wathan FC, pada laga pamungkas Grup C Liga 2 di Stadion Manahan, Solo.

Pasoepati Tak Jadi Kawal Skuat Persis Solo ke Stadion Manahan

Pendukung Persis Solo, Pasoepati, dipastikan batal mengawal kesebelasan kesayangan mereka dari mes ke Stadion Manahan untuk menjalani laga terakhir grup C Liga 2.

Tonton! Ini Link Streaming Persis Solo vs PSCS Cilacap

Selain disiarkan langsung oleh stasiun televisi Indosiar, duel Persis Solo melawan PSCS Cilacap juga bisa disaksikan secara streaming melalui aplikasi vidio.com.

Akan Tegur Kaesang, Gibran Tegas Larang Konvoi Kawal Persis Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan menegur adiknya, Kaesang Pangarep yang mengajak suporter Persis Solo mengawal perjalanan klub Laskar Samber Nyawa dari mess menuju Stadion Manahan untuk berlaga pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup C Liga 2, Senin (29/11/2021) sore.

Pasoepati Umumkan Konvoi Suporter Kawal Persis Solo Bersama Kaesang

Laman Instagram resmi suporter tim sepakbola Persis Solo, Pasoepati.net merilis pernyataan bahwa mereka diizinkan mengawal klub Laskar Sambernyawa berlaga pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup C Liga 2, Senin (29/11/2021) sore.

Ingat Lur! Persis Solo vs PSCS Cilacap Disiarkan Indosiar Malam Ini

Laga terakhir Grup C Liga 2 akan mempertemukan Persis Solo vs PSCS Cilacap. Laga ini sudah tak berarti bagi Persis, namun sangat penting bagi PSCS.

Prediksi Persis Solo vs PSCS Cilacap: Laga Penutup Fase Grup!

Persis Solo akan menghadapi PSCS Cilacap pada laga terakhir fase grup Liga 2. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Stadion Manahan, Solo.

Jadwal Liga 2: Persis Solo Main Malam Ini Lur!

Liga 2 akan memainkan pertandingan terakhir di fase grup. Sejumlah tim memerlukan poin untuk melaju ke babak 8 Besar.

Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Persaingan Papan Atas Ketat!

Liga Premier Inggris telah menyelesaikan peryandingan di pekan ke-13. Sejumlah tim top berhasil meraih kemenangan dan membuat persaingan di papan atas klasemen ketat.

Bamsoet: Ajang Balap Formula E Jalan Terus!

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, tiap anggaran yang telah dipakai untuk ajang balap Formula E harus kembali untuk rakyat.