Ragam Kuliner Durian Manis nan Legit
Buah durian. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, SOLO – Musim durian telah tiba. Penjual durian bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat yang menggoba para pencintanya.

Selain disantap dalam kondisi segar, durian si raja buah bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat nan menggugah selera. Durian merupakan salah satu buah yang memiliki aroma dan cita rasa khas.

Durian sering dijadikan campuran aneka minuman, jus, bahkan camilan. Durian yang dipadu dengan es bisa menjadi minuman penghilang dahaga. Seperti disajikan di outlet Mendem Duren di Solo Grand Mall (SGM) lantai III.

Es dan jus durian

Outlet tersebut menyediakan es mendem duren dan jus mendem duren. Solopos.com mencoba salah satu menu yakni es mendem duren cokelat topping kacang. Dengan nama seperti itu, tentu sudah terbayang sajiannya.

Daging durian dipadu es batu dan cokelat lumer, kemudian di atasnya ditaburi kacang tanah yang ditumbuk setengah lembut. Cukup Rp20.000 Anda bisa mencicipi kesegaran es mendem duren porsi besar.

Es mendem duren. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Es mendem duren. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Cita rasa durian ditambah manisnya cokelat dan gurihnya kacang berpadu menjadi satu. Karyawan Mendem Duren, Mei Ernawati mengatakan, durian yang dipakai asli. Satu cup ukuran large setara setengah buah durian. Sedangkan untuk porsi jumbo setara satu durian.

Pancake durian

Selain menu es dan jus, tersedia pula pancake durian yang dijual Rp15.000/ potong. Menu ini lebih cocok untuk camilan. Pancake durian berisi daging durian serta krim dibungkus kulit yang dibuat dari adonan terigu dan bahan lainnya.

Pancake durian. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Pancake durian. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Es teler durian

Variasi lain ditawarkan Papa Cheese yang ada di kawasan Gonilan, Kartasura. Salah satu yang menjadi menu jagoan Papa Cheese adalah es teler durian cheese. Seporsi minuman itu bisa dinikmati dengan harga Rp25.000.

Isiannya berupa nangka, alpukat, kelapa muda, agar-agar, sari kelapa, kolang-kaling dan daging durian. Semua bahan itu lalu dibubuhi krim kental manis serta cheese foam atau keju yang telah diaduk sedemikian rupa hingga lumer.

Es teler durian. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Es teler durian. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Soal rasa, tentu saja berbeda dengan es teler durian pada umumnya. Tidak hanya segar dan manis. Ada sensasi keju yang gurih yang berpadu dengan cita rasa khas durian dan buah-buah lainnya.

Pemilik Papa Cheese, Ery Wiharto, mengatakan selain menu tersebut, Papa Cheese juga menawarkan menu durian mblenger dan durian cheese.

"Menu tersebut berupa durian yabg dipadukan dengan alpukat, nangka dan kelapa. Hampir sama dengan es teler, tapi kalau es teler kan ada agar. Di menu itu juga ada kejunya," kata dia, Jumat (17/1/2020).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho