SOLOPOS.COM - Rafidah Helmi (Detik.com)

Rafidah Helmi resmi meraih gelar dokter di usia 17 tahun 8 bulan di Unissula Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Rafidah Helmi, 17, resmi mendapatkan gelar dokter dari Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang, Senin (18/4/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wanita kelahiran 31 Juli 1998 ini bisa dibilang memiliki otak cerdas sejak lahir. Putri ketiga pasangan AKBP (purnawirawan) Helmi dan Rofiah tersebut sudah terbiasa hidup disiplin dari sang ayah.

Ekspedisi Mudik 2024

Perjalanan akademiknya pun bisa dibilang ngebut, karena ketika dulu ia diterima di TK Kemala Bhayangkari Secapa Polri Sukabumi, ia hanya menjalani kelas nol kecil selama sehari dan langsung naik kelas nol besar.

Karena kecerdasannya, saat usia 4 tahun 10 bulan, Rafidah sudah masuk ke SD Sriwidari Sukabumi. Bangku SD dilaluinya selama 5 tahun karena masuk program akselerasi. Begitu juga ketika duduk di bangku SMP dan SMA, ia menyelesaikannya masing-masing hanya 2 tahun. Ia kemudian mendaftar ke Unissula dan menjadi mahasiswa pada usia 14 tahun.

“Dari SD, SMP, dan SMA akselerasi. SD 5 tahun, SMP dan SMA 2 tahun,” kata Rafidah seusai wisuda ke-71 Unissula, Senin (18/4/2016), seperti dikabarkan Detik.com.

Awalnya, Rafidah mengaku ingin menjadi guru, namun ia berketetapan hati ingin menjadi dokter karena kakak pertamanya, Riana Helmi lulus dari kedokteran UGM yang berpredikat sebagai sarjana kedokteran termuda yaitu 19 tahun 9 bulan dan tercatat di rekor Muri..

Lalu apa rahasianya ia dan kakaknya bisa sampai menoreh prestasi seperti itu? Rafidah mengaku tidak ada yang istimewa, ia juga sering bermain dan belajar tanpa tekanan. Yang terpenting menurutnya menetapkan tujuan dari awal.

“Selagi muda belajar, berusaha raih cita-cita dan menetapkan tujuan dari awal. Saya di rumah ya biasa saja, sering main juga,” ujarnya yang akan fokus Koas setelah ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya