SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Fukushima [SPFM], Tingkat radiasi yang masih dalam taraf tinggi menghambat pembersihan air tercemar di reaktor nuklir Fukushima. Menurut warta AP dan AFP pada Sabtu (18/6), hal itu menjadi kendala bagi operator. Makanya, untuk sementara, pembersihan itu dihentikan. Sekitar 110.000 ton air dipompakan untuk mendinginkan reaktor-reaktor yang rusak akibat gempa dan tsunami pada 11 Maret 2011 lalu. Bencana alam itu menyebabkan pelelehan batang bahan bakar nuklir di tiga reaktor dan juga radiasi. Air tercemar yang cukup untuk mengisi 40 kolam renang ukuran olimpiade itu terancam bahaya menggenang ke laut.

Seorang juru bicara operator, yaitu Tokyo Electric Power Company (Tepco), mengatakan, para teknisi berusaha menemukan sebab lonjakan tingkat radiasi. Kejadian ini merupakan kecelakaan nuklir yang terburuk sejak bencana Chernobyl di Ukraina pada 1986. Gempa kuat dan tsunami yang ditimbulkannya sekarang diketahui menewaskan lebih dari 15.280 orang. Sementara itu, hampir 8.500 orang belum ditemukan. [kcm/lia]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya