SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bekasi (Solopos.com)--Rachmat Sulistyo alias Icha dituntut satu tahun penjara. Jaksa menyatakan dia terbukti memalsukan identitasnya untuk menikah dengan Muhamad Umar.

Icha menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Bekasi, Jl Pramuka No 81 dalam sidang yang dipimpin hakim Mautauseja Erna, Senin (18/7/2011). Tuntutan dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) Iren. “Menuntut terdakwa satu tahun penjara dipotong masa tahanan,” kata Iren.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut jaksa, yang memberatkan Icha adalah perbuatannya merusak kepercayaan masyarakat terhadap Kantor Urusan Agama (KUA). Icha juga terbukti memalsukan data.

Sedangkan, hal yang meringankan Icha adalah dia berkelakukan baik dan sopan selama persidangan. Icha menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Selain itu, Umar juga memaafkan Icha. Icha dijerat dengan pasal 266 ayat 1, 263 ayat 1 dan 2 KUHP.

Usai sidang, Icha mengaku bersyukur hanya dituntut satu tahun penjara. “Saya sangat bersyukur dengan tuntutan jaksa, ke depannya saya harap jadi laki-laki sejati,” kata Icha yang berpakaian laki-laki dengan kemeja putih, celana biru gelap dan berpeci hitam.

Selama ditahan, Icha mengaku diperlakukan dengan baik oleh sesama tahanan. “Saya baik-baik saja, tidak ada yang jahat. Teman-teman baik semua, tapi saya sempat sakit batuk pilek karena banyak pikiran,” kata Icha.

Sidang akan dilanjutkan Senin 25 Juli 2011 dengan agenda pembacaan pledoi.

Icha dimejahijaukan karena mengaku sebagai perempuan dan dianggap menipu Muhamad Umar untuk menikahi dirinya. Umar dan Icha menikah sepekan sesudah Lebaran tahun 2010 lalu. Keduanya hidup serumah dengan orangtua Umar di Jatiasih, Bekasi. Setelah enam bulan berlalu, baru ketahuan Icha ternyata seorang laki-laki yang bernama asli Rahmat Sulistyo.

Karena dianggap menipu, istri Umar itu akhirnya dilaporkan ke Polsek Jatiasih. Sang istri yang dikenalnya melalui jejaring sosial Facebook itu kini ditahan dengan ancaman tujuh tahun penjara. Kepada polisi, Icha mengaku hanya iseng dan keterusan.

Meski merasa ditipu oleh ulah Icha alias Tyo, sapaan akrab Rahmat, Umar mengaku tidak menyimpan dendam kepada Tyo. Dari kejadian tersebut, Umar tetap berharap dirinya dapat menikah kembali dengan perempuan sejati pastinya.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya