SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 segera dimulai. Rangkaian kegiatan event olahraga yang mempertemukan pelajar se-Asia Tenggara itu akan diawali dengan prosesi penyalaan obor dari api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (17/7/2019).

Obor itu selanjutnya akan diarak menuju ke Balai Kota Semarang, yang menjadi lokasi berlangsungnya event ASG 2019. Di Balai Kota Semarang, obor api abadi itu akan diinapkan semalam sebelum akhirnya dibawa ke Holy Terang Bangsa School, yang menjadi lokasi pesta pembukaan atau opening ceremony ASG 2019.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan prosesi penyalaan api ASG akan melibatkan sejumlah atlet pelajar dan pejabat. Upacara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB di Mrapen dan diperkirakan obor tersebut tiba di Balai Kota Semarang, sekitar pukul 12.00 WIB.

“Rute arak-arakan obor dengan kendaraan dimulai dari Mrapen melewati Gubug, Mranggen, Pedurungan, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Jenderal Ahmad Yani, kawasan Simpang Lima, Jl. Pandanaran, dan berakhir di Balai Kota Semarang. Masyarakat dan pelajar kami harap ikut memeriahkan arak-arakan itu,” ujar Sinoeng, Selasa (16/7/2019).

Setelah diinapkan semalam, obor kembali diarak menuju Holy Terang Bangsa School pada Rabu (18/7/2019) sekitar pukul 13.30 WIB. Sejumlah menteri dari negara peserta dijadwalkan hadir. Namun, pembukaan tidak terbuka untuk masyarakat umum.

Pembukaan akan dihadiri 4.000 orang pelajar di Kota Semarang, 1.600 orang atlet dan official sebagai peserta, 200 orang delegasi dari negara ASEAN, serta tamu undangan lainnya, seperti dari pemerintah pusat, gubernur, serta pejabat daerah lainnya.

“Tapi jangan khawatir, masyarakat bisa menyaksikan kemeriahan pembukaan ASG secara live di TVRI. Kami juga berharap para pelajar dan masyarakat, khususnya di Kota Semarang, ikut memberikan dukungan kepada para atlet, dengan menonton pertandingan di setiap venue. Gratis, tidak dipungut biaya,” terang Sinoeng.

Sinoeng menambahkan pesta pembukaan juga dimeriahkan sejumlah musikus Tanah Air, seperti mantan vokalis band Cokelat,Kikan, jebolan Indonesia Idol, Virza dan Kunto, serta penyanyi cilik penyandang disabilitas, Carrisa.

ASG 2019 akan diikuti sekitar 1.500 atlet dari 10 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah. Ajang ini akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga (cabor) dengan venue seluruhnya di Kota Semarang.

Cabor atletik, tenis meja, dan tenis lapangan akan digelar kompleks GOR Tri Lomba Juang, bulu tangkis di GOR Universitas Semarang, bola basket di GOR Sahabat, sepak takraw di GOR Unika Soegijapranata, renang di Stadion Jatidiri, bola voli di GOR UIN Walisongo, dan pencak silat di Hotel Patra.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya