SOLOPOS.COM - Muhammad Quraish Shihab (quraishshihab.com)

Solopos.com, JAKARTA – Muhammad Quraish Shihab mengklarifikasi seputar kontroversi pernyataannya di program Tafsir al-Mishbah yang disiarkan MetroTV, Sabtu (12/7/2014). Menurutnya, apa yang disampaikannya sebagian dipelintir, dikutip sepotong

Cendekiawan muslim Muhammad Quraish Shihab akhirnya buka suara soal pernyataannya yang mengatakan Rasulullah belum tentu masuk surga. Sebelumnya pernyataan penulis Tafsir al-Mishbah ini jadi perbincangan hangat di dunia maya, termasuk video tayangannya.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Melalui situs resminya seperti dikutip Solopos.com, Rabu (17/7/2014), Quraish Shihab menjelaskan apa yang disampaikannya sebagian dipelintir, dikutip sepotong dan di luar konteksnya. Quraish Shihab mempersilakan masyarakat untuk menyimak ulang penjelasannya di episode tersebut.

“Uraian tersebut dalam konteks penjelasan bahwa amal bukanlah sebab masuk surga, walau saya sampaikan juga bahwa kita yakin bahwa Rasulullah akan begini [masuk surga],” tulisnya.

Quraish Shihab memaparkan berdasarkan hadis “tidak seorang pun masuk surga karena amalnya”, dia menyatakan Sahabat bertanya “Engkau pun tidak?”. Rasul pun menjawab “saya pun tidak, kecuali berkat rahmat Allah kepadaku”. Menurut dia, amal baik bukan sebab masuk surga tapi itu hak prerogatif Allah.

”Saya jelaskan juga di episode yang sama bahwa Allah menjamin dengan sumpah-Nya bahwa Rasulullah SAW akan diberikan anugerah-Nya sampai beliau puas, yang kita pahami sebagai surga dan apapun yang beliau kehendaki. Wa la sawfa yu’thika rabbuka fa tharda,” katanya.

Ayah presenter Najwa Shihab ini berharap orang yang mempermasalahkan ucapannya bukan bermaksud untuk sengaja memelintir. “Mudah-mudahan yang menyebarkan hanya karena tidak mengerti dan bukan bermaksud.”

Kontroversi penjelasan Quraish Shihab ini memang sempat jadi viral di jejaring sosial, Facebook. Salah satu yang paling banyak disoroti adalah postingan blogger yang juga penulis buku, Jonru Ginting. Jonru bahkan mengunggah foto hasil editing yang Quraish Shihab dengan disertai teks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya