SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) melalui perhitungan cepat pelaksanaan pilkada Kota Jogja menyebutkan perolehan suara pasangan calon Walikota Jogja Haryadi Suyuti–Imam Priyono (Hati) paling tinggi.

Sesuai hasil survey yang dilakukan oleh JSI menyebutkan pasangan nomor urut satu Zuhrif Hudaya-Aulia Reza memperoleh 9,65 persen suara. Pasangan nomor urut dua Hanafi Rais-Tri Harjun Ismaji memperoleh 41,97 persen suara. Pasangan nomor urut tiga Haryadi Suyuti-Imam Priyono memperoleh 48,38 persen suara.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Direktur Riset Jaringan Suara Indonesia (JSI), Eko Kusmayadi menjelaskan, survei yang dilakukan timnya menggunakan sistem sampling. Dari 838 jumlah seluruh TPS, digunakan sampling sebanyak 280 TPS. “Dalam survei ini kami menggunakan sistem sampling dengan 280 TPS. Suara yang dihitung dalam perhitungan cepat tersebut hanya suara sah saja dari 280 TPS. Total suara yang masuk adalah 67.539 suara,” katanya, Minggu (25/9).

Survei yang dilakukan oleh JSI menggunakan pemetaan zonasi. Di antaranya zona 1 terdiri dari wilayah Kecamatan Mantrijeron, Kraton dan Mergangsan. Zonasi 2 terdiri dari Kecamatan Pakualaman, Gondomanan, Ngampilan dan Wirobrajan. Zonasi 3 terdiri dari Kecamatan gedongtengen, Jetis, Tegalrejo. Zonasi 4 terdiri dari Gondokusuman, Danurejan dan Zonasi 5 terdiri dari Kecamatan umbulharjo dan Kotagede.

Dari hasil distribusi suara per zonasi tersebut pasangan Haryadi Suyuti-Imam Priyono berhasil memenangi empat zona. Sementara pasangan Hanafi Rais-Tri Harjun Ismaji memenangi satu zona yakni pada zona lima di Umbulharjo dan Kotagede.

Direktur Strategi JSI, Popon Linggageni mengatakan, sejumlah faktor kemenangan dari pasangan nomor tiga adalah adanya persepsi keberpihakan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Isu yang berkembang sekaligus menerpa paslon nomor urut dua dinilainya juga memberikan pengaruh perolehan suara.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya