SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PURWOKERTO — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung menurunkan status Kawah Timbang di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, dari Siaga menjadi Waspada.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari PVMBG, penurunan status tersebut dilakukan pada pukul 16.00 WIB,” kata petugas Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo kepada Antara di Purwokerto, Rabu (8/5/2013) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, penurunan status tersebut kemungkinan disebabkan aktivitas kegempaan di Kawah Timbang cenderung menurun dalam beberapa hari terakhir.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati status Kawah Timbang telah turun, kata dia, sejumlah personel BPBD Banjarnegara dan sukarelawan masih disiagakan di Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang yang berlokasi di Rumah Dinas Camat Batur.

“Kami tetap disiagakan di posko karena status Kawah Timbang masih ‘Waspada’. Namun jumlah personel yang disiagakan berkurang dari sebelumnya,” kata dia.

Kepala PVMBG Bandung Surono membenarkan adanya penurunan status Kawah Timbang dari Siaga menjadi Waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya