Putut Gunawan Berpulang, Janji Rudy Tinggal Kenangan

Janji pertemuan antara FX Rudy Hadyatmo dengan Putut Gunawan yang berpulang kini tinggal kenangan.

 Para anggota DPRD Solo menjunjung peti berisi jenazah Putut Gunawan, di Gedung DPRD Solo, Minggu (23/1/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Para anggota DPRD Solo menjunjung peti berisi jenazah Putut Gunawan, di Gedung DPRD Solo, Minggu (23/1/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Meninggalnya Ketua Komisi IV DPRD Solo yang juga politikus senior PDIP Solo, Putut Gunawan, 58, menyisakan janji pertemuan antara dirinya dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, pada Senin (24/1/2022) besok.

Hal itu diungkapkan Rudy, panggilan akrabnya, saat diwawancara wartawan seusai pemberian penghormatan terakhir di DPRD Solo, Minggu (23/1/2022). “Jumat telepon saya, Senin mau ketemu saya dengan teman-temannya,” ujar dia.

PromosiMengintip Kemolekan Capitoline di Roma Italia, Museum Tertua di Dunia

Tapi rencana pertemuan itu nyatanya harus pupus lantaran Putut lebih dulu berpulang pada Sabtu (22/1/2022). “Saya jam 12.00 WIB ditelepon, Mas Putut masuk ICU. Saya langsung ke sana, tapi sekitar jam 17.00 WIB saya tinggal,” urai dia.

Baca juga: Putut Gunawan Berpulang, Bendera Setengah Tiang Berkibar di DPRD Solo

Ihwal rencana pertemuan Putut dengan dirinya pada Senin untuk membahas agenda organisasi. Ada beberapa teman Putut yang ingin bertemu Rudy. “Saya kan siapa pun mau ketemu ya saya bukakan pintu wong omahe ra ana pagere,” kata dia.

Rudy menceritakan beberapa waktu terakhir kondisi kesehatan Putut memang tidak baik lantaran harus rutin cuci darah dua kali sepekan. Karena kondisi itu pula Rudy selalu berpesan agar Putut tidak terlalu capai dan menjaga kesehatan.

“[Saat mengobrol] Begitu jam 21.00 WIB [Putut] selalu saya minta pulang, tidak boleh lebih. Kalau capai tidak boleh melakukan kegiatan. Itu selalu pesan saya kepada beliau. Sebab Mas Putut rutin cuci darah dua kali sepekan,” terang dia.

Baca juga: Putut Gunawan Sumber Ilmu hingga Katalog Hidup Kuliner Soloraya

Cukup lama kenal dan bergaul dengan Putut, Rudy menilai mantan wartawan itu merupakan sosok yang cerdas, pintar, dan tidak pelit dalam menularkan ilmunya kepada sesama kader PDIP, termasuk dirinya. Bahkan Putut layak jadi panutan.

“Beliau patut dijadikan panutan, bagi kader lain. Punya prinsip, sikap dan komitmen terhadap PDIP. Jadi kader PDIP harus punya prinsip, sikap dan komitmen, yaitu bagaimana bisa mensejahterakan rakyat. Itu lah yang beliau lakukan,” urai dia.

Baca juga: Kabar Duka: Politikus Senior PDIP Solo Putut Gunawan Meninggal Dunia

Karena keteguhan prinsip dan komitmennya tersebut Putut selalu dipercaya memimpin tim pemenangan DPC PDIP Solo dalam beberapa pemilu. Ketika memegang prinsipnya, tak seorang pun dapat mempengaruhi Putut Gunawan.

Pelajaran penting dari sosok Putut yang sangat diapresiasi Rudy yaitu semangat pengabdian biarpun sedang dalam kondisi kesehatan menurun terus. “Beliau tetap jalankan tugas sebagai wakil rakyat. Harus jadi teladan semua kader,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Revitalisasi WGM Wonogiri Telan Rp28,9 Miliar, Kapan Mulai Digarap?

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Teknofobia di kalangan pelaku UMKM harus dihilangkan karena bisa menghambat kemajuan bisnis dan usaha mereka terutama di era digital.

Bawa Produk Garmen, Bus Rosalia Express Masuk Parit di Karanganyar

Menghindari tabrakan, bus Rosalia Express yang mengangkut produk garmen masuk parit di jalan raya Dagen-Tasikmadu, Karanganyar.

Sepatu Aerostreet Klaten: Kualitas Internasional, Harganya Lokal

Kisah unik kali ini datang dari brand sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, yang menjual barang kualitas ekspor dengan harga murah.

Pilkades Baturan Colomadu Digelar 25 Mei, Ini Nama 3 Calon Kadesnya

Salah satu dari tiga calon kades Baturan, Colomadu, Karanganyar adalah pensiunan PNS.

6 Ekor Sapi di Sragen Terindikasi Terkena PMK, Ini Langkah Disnakkan

Enam sapi di dua kecamatan di Sragen terindikasi terjangkit penyakit mulu dan kuku (PMK). Disnakkan bersama BBVet Wates telah mengambil sampel liur sapi tersebut untuk dicek lab.

Seru! Atraksi Paralayang dan Speedboat di Peringatan HUT Wonogiri 2022

Upacara Peringatan HUT ke-281 Kabupaten Wonogiri digelar di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Kamis (19/5/2022) pagi.

Lokasi Laka Maut 2 Truk di Teras Boyolali Ternyata Rawan Kecelakaan

Untuk mengatasi kerawanan laka, Budi mengatakan Satlantas Polres Boyolali selalu melakukan evaluasi jika di suatu tempat sering terjadi laka lantas.

Kabar Duka, Kades Jambeyan Sragen Meninggal Dunia Mendadak

Kades Jambeyan, Slamet Prabowo, meninggal mendadak pada Rabu (18/5/2022) petang. Ia tidak sakit sebelumnya dan masih datang ke kantor pagi harinya.

7 Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Solo Balapan, Ada yang Buka 24 Jam

Solopos.com merekomendasikan tujuh tempat wisata dekat Stasiun Solo Balapan, ada yang buka 24 jam dan ada yang harus memesan dahulu sebelum berkunjung.

Kecelakaan Boyolali: Mobil Tabrak Hik Gegara Hindari Truk Tetiba Belok

Pria yang dalam perjalanan dari Jogja menuju Tengaran itu membanting setir ke arah kiri namun malah menabrak warung hik di pinggir jalan.

Tragedi Gas Bocor Mojosongo Solo: Korban Mau Nolong Tapi Malah Kena Api

Salah satu korban meninggal dalam tragedi tabung gas bocor di Mojosongo, Solo, EP, bermaksud menolong korban lainnya tapi malah terkena sambaran api.

Insiden Mobil Nyasar ke Alas Grojogan Sewu, Warga: Bisa Karena Faktor X

Warga sekitar Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar ada yang mengaitkan insiden mobil nyasar korban google map dengan kejadian mistis.

Solo Hari Ini: 19 Mei 2015, Isu Babi Ngepet Hantui Warga Jagalan

Tujuh tahun lalu, tepatnya 19 Mei 2015, Solopos.com menurunkan berita tentang isu babi ngepet di Kota Solo, Jawa Tengah.

GPH Paundra Mendadak Kritik Pedas PMI Solo Lewat IG Story, Ada Apa Ya?

Pangeran Sepuh Mangkunegaran Solo, GPH Paundrakarna mengunggah story di Instagram yang isinya kritik terhadap kinerja PMI Solo.