SOLOPOS.COM - Dokumentasi

Dokumentasi

SEMARANG-Menjelang Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Jateng, pada 27-28 September 2012 di Kabupaten Magelang, beredar tiga nama kandidat calon ketua umum.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Tiga kandidat calon ketua umum yang akan menggantikan Sukawi Sutarip masing-masing Prajoko Haryanto [Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demkorat Jateng],  AS Sukawijaya tapi akrab dipanggil Yoyok Sukawi [putera Sukawi Sutarip dan Ketua Komisi E DPRD Jateng] dan Bupati Pekalongan, Amat Antono.
”Sampai sekarang tiga nama ini yang sudah muncul dalam bursa calon ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jateng,” kata Sekretaris Umum DPD PD Dani Sruyanto di Semarang, Senin (24/9/2012).
Pembukaan Musda lanjut dia, akan dihadiri Ketua Umum DPP PD Anas Urbaningrum dan Sekretaris Jenderal Edhie Baskoro Yudhoyono. Pelaksanaan Musda yang akan berlangsung di Hotel Grand Artos Aerowisata di Kabupaten Magelang dihadiri sekitar 1.000 undangan.
Untuk persiapan Musda telah dibentuk kepanitiaan sebaga Ketua Steering Committee (SC) Dani Sriyanto dan Ketua Organization Committee (OC) Yoyok Sukawi. ”Saat ini SC sedang menyusun tata tertib Musda, termasuk aturan dan syarat calon ketua umum DPD PD Jateng,” ujar Dani.
Pelaksanaan Musda PD Jateng sempat tertunda selama dua tahun, sehingga DPP mengeluarkan surat perpanjangan jabatan kepada Ketua Umum DPD PD Jateng, Sukawi Sutarip.Namun secara mendadak DPP melalui surat bernomor 285/int/dpp/x/2012 tertanggal 19 September yang ditandatangani Ketua Umum PD Anas Urbaningrum dan Sekretaris Jenderal PD Edhie Baskoro Yudhoyono, memerintah dilaksanakan Musda.
Pelaksanaan Musda ini diduga terkait adanya desakan salah seorang calon gubernur (cagub) yang akan maju pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.Menurut sumber internal DPD PD Jateng, DPP sudah membuat skenario Musda dengan menjadikan Bupati Pekalongan, Amat Antono sebagai Ketua Umum menggantikan Sukawi.
Tujuannya, untuk memuluskan langkah incumbent Gubernur Jateng, Bibit Waluyo maju sebagai cagub pada Pilgub 2013 melalui Partai Demokrat.”Kalau Pak Antono terpilih sebagai Ketua Umum DPD Jateng, maka dipastikan Demokrat akan mengusung Bibit sebagai cagub,” ujar sumber yang tak mau disebut namanya.
Sementara kandidat calon ketua, Prajoko Haryanto menyatakan sudah mendapatkan dukungan dari sejumlah kader pada Musda mendatang. ”Banyak kader meminta saya untuk maju dalam pemilihan ketua pada Musda mendatang. Saya harus siap melaksanakan,” ungkap dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya