SOLOPOS.COM - Finalis Putra Putri Solo (PPS) 2016 mempresentasikan Tourism Project pada pembekalan PPS 2016 di Loji Gandrung, Solo, Minggu (28/8/2016). Presentasi tersebut bagian dari seleksi bagi 10 pasang finalis PPS 2016. (Nicolous Irawan /JIBI/Solopos)

Putra-Putri Solo 2016 memasuki tahap seleksi dengan mengadu konsep antarfinalis.

Solopos.com, SOLO – Finalis PPS Adu Konsep Promosi Wisata Finalis Putra Putri Solo (PPS) 2016, Andini Monifilia Utomo, 20, terlihat serius saat memaparkan potensi dan pengembangan pariwisata di Kota Bengawan, Minggu (28/8/2018) di Pendapa rumah dinas wali kota Loji Gandrung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Andini bersama tiga finalis lain satu kelompoknya secara bergantian memaparkan bagaimana pengembangan pariwisata serta potret wisata Solo. Hari itu, mereka saling adu konsep pengembangan pariwisata. Pemilihan PPS memang menjadi bagian yang tidak lepas dari pembangunan dunia pariwisata serta pelestarian nilai-nilai seni dan budaya Solo. Sebab, PPS selama ini menjadi duta wisata yang dinilai mampu mempromosikan Kota Solo hingga ke mata dunia.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut wanita berhijab ini, Solo memiliki potensi aset wisata yang berlimpah. Potensi wisata inilah yang dipandang perlu untuk terus dikembangkan sehingga mampu menjadi daya tarik bagi Kota Bengawan. “Tidak hanya wisata kuliner, namun Solo kaya akan potensi wisata budaya. Dan ini yang perlu terus digali dan dilestarikan,” kata dia kepada Solopos.com. Andini mengaku tidak ada persiapan khusus untuk presentasi kali ini, karena mepeTtnya waktu.

[Baca Juga : Tes Public Speaking, Peserta: Sudah Tatihan Tapi Tetap Gugup

Dia hanya berusaha mempresentasikan bagaimana menjalankan tugasnya kelak jika terpilih sebagai PPS 2016. Baginya sebagai PPS selain harus mampu mempromosikan dunia wisata daerahnya juga mampu membantu pemerintah daerah dalam mengajak warga menjaga budaya Kota Solo. Selain itu mampu menjadi inspirator dan motivator bagi generasi muda dalam menjalankan peran dan fungsinya di masyarakat.

Senada Finalis PPS lain, Engelika Ekaristi, 20 mengaku grogi presentasi di hadapan para dewan juri. Engel berharap presentasinya mampu memberikan poin tersendiri dalam penilaian dewan juri. “Saya berharap bisa terpilih menjadi PPS 2016,” harapnya.

Project Director Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2016 R.Ay. Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan presentasi pariwisata merupakan serangkaian kegiatan pemilihan PPS 2016. 20 finalis PPS, yakni 10 finalis putra dan 10 finalis putri mengikuti presentasi tersebut. Tahapan presentasi menjadi rangkaian kegiatan penyelenggaran pemilihan Duta Kota Solo. Presentasi tersebut terbagi dalam lima kelompok, masing-masing beranggotakan empat orang.

“Duta wisata yang diharapkan dapat mewakili daerahnya seperti mempromosikan potensi wisata” katanya.

Dia juga menyampaikan duta wisata ke depan diharapkan semakin berkembang dan berfungsi sebagai duta pariwisata dan duta budaya. Sehingga masyarakat bisa melihat secara nyata bahwa Duta Wisata benar-benar mampu mempromosikan daerahnya.

“Saat ini 20 finalis masih dikarantina. Setiap hari kita beri pelatihan dan soal-soal yang harus mereka selesaikan. Mereka akan mengikuti masa orientasi sebagai finalis PPS 2016 hingga puncak acara pemilihan PPS pada Sabtu (3/9/2016) di Balai Kota Solo,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya