PUTRA PUTRI SOLO 2017 : Tak Sekadar Cantik dan Ganteng
Putra Putri Solo (solopos.com)

Salam budaya, Sobat Gaul! Kali ini Wasis The Young berkesempatan meliput sebuah event besar di Solo. Yup, pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2017! PPS adalah mereka yang terpilih sebagai representasi generasi muda di Solo. Mereka adalah duta wisata Kota Batik. Maka dari itu, pemilihannya selektif dan tidak bisa asal comot. Tidak cuma cantik dan ganteng, mereka haruslah berpengetahuan luas, memiliki kemampuan berbicara, berbahasa asing dan Jawa, supaya mereka dapat membawa nama Kota Solo dengan baik. Mereka juga membantu Pemkot Solo menerima tamu maupun mendampingi pejabat saat acara resmi. Mereka dituntut menguasai seluk-beluk Kota Solo baik wisata, seni, kuliner, dan budayanya.

Yuk kita tanya dua orang dari mereka, Hafidz Maulana dan Rosehasna Aurellia Putri Wirastomo. Keduanya cakep lo, berstatus pelajar. Mereka juga punya kemampuan dan cerdas tentunya. Menurut mereka, arti ajang pemilihan PPS itu? "Menurutku Putra Putri Solo itu panutan anak muda yang sesungguhnya. Mereka terpilih karena dianggap mampu untuk merepresentasikan anak muda Solo yang berwawasan luas, perilakunya baik [punya unggah ungguh] dan juga berkepribadian menarik," ungkap Rosehasna Aurellia Putri Wirastomo yang akrab disapa Rose yang juga siswi Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Solo.

Ajang ini juga sangat penting bagi Hafidz. Menurutnya, PPS sangatlah penting bagi generasi muda khususnya remaja Solo. Ia berharap kita semagai generasi muda harus bisa menghargai kebudayaan lokal kita sendiri. Siswa kelas XII Multimedia B SMKN 9 Solo ini tidak menyangka bakalan lolos ke semifinal. "Enggak nyangka, karena awalnya itu ikut juga karena terpaksa disuruh sama yang punya tempat magang saya. Tapi setelah ikut seleksi, jadi berminat dan rencananya tahun depan mau coba lagi hehehe," jelas cowok bertubuh tinggi ini.

Rosehasna Aurellia Putri Wirastomo
Rosehasna Aurellia Putri Wirastomo

Mereka berdua berangkat dengan tujuan yang berbeda lo, Sob. Rose ingin membanggakan orang tua, keluarga, dan sekolahnya. Selain itu, cewek dengan tinggi 168 cm ini juga ingin berkontribusi bagi Solo, khususnya di bidang pariwisata dan kebudayaan.  Berbeda dengan cowok yang hobi futsal ini. Tujuan utama mengikuti ajang PPS agar generasi muda Solo lebih suka dan cinta kepada kebudayaan Solo. Hafidz berharap pemuda-pemudi Solo turut nguri-uri dan menjaga serta merawat tempat wisata dan juga budayanya.

Mereka punya tips nih buat kalian yang pengen juga ikut ajang PPS. Ready?

"Harus siap mental, siap belajar wawasan Solo, wawasan umum, bahasa Inggris, harus bisa menampilkan budaya Solo, berbahasa Jawa yang baik dan benar, dan jangan takut kalah sebelum mencoba," kata Hafidz.

"Intinya be confident. Jadilah the best version of your ownself. Ubah mindset, kalo kamu ngelakuin suatu hal, hasilnya ya buat dirimu sendiri nantinya, buat kebaikanmu. Toh kalo hasilnya baik, bisa juga untuk membanggakan orang di sekitarmu," ujar Rose.

Kegiatan PPS 2017 ini bisa disimak di akun Instagram official @putraputrisolo. Kira-kira siapa ya yang bakal jadi Putra Putri Solo tahun ini? Adakah dari kalian Sobat Gaul yang berminat mendaftar tahun depan? Kalau kalian berminat dan berbakat, jangan malu-malu untuk mencoba ya, Sobat Gaul!

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho