SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda dalam jumpa pers di Solo, Selasa (14/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Maulana Surya)

Putra Jokowi nikah pada Juni mendatang di Solo.

Solopos.com, SOLO – Hari pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda, kian dekat. Empat master of ceremonies (MC) kawakan dari Chilli Pari Catering Wedding Organizer Solo bakal didapuk menjadi pembawa acara pernikahan Gibran-Selvi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka diminta memandu acara dengan konsep Jawa adat gaya Surakarta. Keempat MC yang diminta langsung oleh Gibran untuk mengawal acara pernikahannya adalah Taufik M. Widodo, Sari Nugraha, H. Slamet Abi, dan Umiyatsih.

Ekspedisi Mudik 2024

Mereka adalah MC berpengalaman yang telah malang melintang menjadi pembawa acara selama puluhan tahun. Bahkan, sebagan besar dari mereka berprofesi sebagai pembawa acara di Radio Republik Indonesia (RRI) Solo.

Taufik M. Widodo mengaku siap menjadi MC dalam pernikahan Gibran meski belum mendapat kepastian rundown atau jadwal acara. Menurut dia, konsep pernikahan Jawa sudah sering disaksikan atau dibawakan keempat MC.

“Kebanyakan acara pernikahan, hanya menggunakan satu atau dua MC dari kami. Tapi sekitar tiga bulan lalu Mas Gibran kasih mandat agar kami semua bisa hadir sebagai pembawa acara dalam pernikahannya. Kami bahkan sejak saat itu diminta mengosongkan job pada 10 sampai 11 Juni,” kata Taufik saat berbincang dengan di RRI Solo, Senin (25/5/2015).

Taufik menyampaikan tidak ada persiapan khusus untuk menyambut acara pernikahan Gibran dengan Selvi. Keempat MC tersebut bahkan belum pernah diajak untuk melakukan koordinasi, baik antar MC maupun bersama dengan penyelenggara dari Chili Pari.

Menurut dia, saat ini MC hanya bisa mempersiapkan busana masing-masing, seperti beskap, blangkon, dan jarit untuk laki-laki, serta kebaya untuk perempuan.

“Kami pernah mendapat rundown acara 2 hari sampai 3 hari sebelum acara. Syukur, pengalaman selama 30 tahun membuat saya bisa percaya diri. Ibu Sari Nugraha, H. Slamet Abi, dan Ibu Umiyatsih juga sama, sudah menjadi MC 10 tahun lebih. Meski sudah biasa, mungkin kami sepekan sebelum acara pernikahan tetap akan diundang untuk koordinasi,” papar Taufik.

Taufik menjelaskan pelaksanaan pernikahan dengan konsep Jawa gaya Surakarta biasanya memang membutuhkan waktu dua hari untuk menjalankan berbagai macam prosesi. Dia mengaku siap mendapat tugas untuk memandu acara di prosesi apapun. Berdasarkan informasi yang Taufik peroleh, pernikahan Jawa dipilih langsung atas kemauan Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya