SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming (Adib Muttaqin Asfar/JIBI/Solopos)

Gibran Rakabuming (Foto: Dokumentasi)

SOLO–Putra pertama Jokowi yang juga pemilik Chili Pari, Gibran Rakabuming mengakui pelanggan katering itu merupakan orang fanatik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada awalnya kehadiran Chili Pari sering ditolak oleh para konsumen yang saat itu belum mengenalnya. Gibran pun memakluminya karena waktu itu usahanya sama sekali belum punya nama besar.

Di sinilah dia menemukan tantangannya. Pernah suatu ketika seorang ibu memesan makanan dari Chilli Pari untuk keperluan pernikahan anaknya. Namun, beberapa hari sebelum pernikahan, dia tiba-tiba membatalkan pesanannya.

Usut punya usut, alasan pembatalan itu karena saran dari berbagai kerabatnya yang tidak percaya kepada Chilli Pari yang waktu itu berstatus katering baru. “Uang muka saya kembalikan semua. Tapi saya minta izin untuk sowan ke rumahnya, beberapa hari kemudian.”

Di sana, Gibran datang sendiri untuk kembali meyakinkan orang itu. Dia tidak hanya membawa katalog tapi juga membawa sampel makanan yang akan ditawarkannya. Orang itu sudah yakin dengan layanan makanannya tapi masih meragukan kemampuannya menangani jamuan untuk ribuan orang.

Maklum, orang ini masih ketakutan acaranya berantakan gara-gara keterlambatan atau ketidakmampuan katering dalam melayani tamu.

Gibran pun tak mau kalah dalam meyakinkan. Kepada orang itu dia menjamin bahwa sinoman-nya akan lebih dari cukup untuk mendukung acara itu. “Khusus buat Ibu, sinoman-nya saya kasih 1:4,” ujarnya yang juga ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Solo, menirukan negosiasinya waktu itu.

Tantangan itulah yang selama ini dicarinya saat mulai bermain di bisnis kuliner. Pendekatan yang sama juga masih tetap dilakukan meskipun usahanya sudah makin dikenal. Apalagi banyaknya pemain membuat persaingan di dunia usaha kuliner, khususnya katering, sangat besar.

Dia yakin bisnis katering masih punya kans besar untuk bermain di Solo. Untuk itulah, dia berusaha tampil beda, misalnya dengan layanan test food dan one stop wedding untuk memudahkan konsumen menyiapkan acara. “Kalau tidak ingin tantangan dan cuma cari duit, saya bikin aja nama Jokowi Katering,” katanya. (Habis)

Baca: PUTRA JOKOWI (I): Gibran Tak Andalkan Jokowi, Keluar Masuk Cari Pinjaman

Baca: PUTRA JOKOWI (II): Marekting Gibran Dilarang Terima Order dari Pemkot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya