Puting Beliung Wonogiri Sebabkan Puluhan Pohon Tumbang

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI—Belasan rumah warga di Desa Kerjo Kidul, Ngadirojo, Wonogiri rusak akibat diterjang angin puting beliung selama 45 menit, Sabtu (31/3/2018) pukul 17.00 WIB. Bahkan, kandang ayam yang berkapasitas 2.000 ekor ayam roboh rata dengan tanah. Beruntung, seluruh ayam sudah dipanen sehari sebelum kejadian. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu.

Pantauan Solopos.com di desa tersebut, Minggu (1/4/2018), puluhan pohon jati dan jenis lainnya yang tumbuh di kebun di sisi kanan dan kiri jalan masuk desa tumbang. Ada sejumlah pohon tumbang di tengah kebun yang belum ditangani. Informasi yang dihimpun Solopos.com dari warga sekitar, pohon di tepi jalan di lokasi tersebut tumbang melintang di jalan, Sabtu. Sejumlah rumah warga dan warung rusak di bagian atap, termasuk Pendapa Kantor Desa Kerjo Kidul. Puluhan genting di pendapa berjatuhan.

Kepala Dusun (Kadus) Tanjung, Yanto, menginformasikan angin puting beliung terjadi saat hujan deras selama lebih kurang 45 menit. Setelah angin dan hujan berhenti dia berkeliling desa mengecek kondisi. Data yang dihimpunnya, dari 17 dusun di Kerjo Kidul hampir seluruhnya terkena dampak. Puluhan pohon tumbang dan belasan rumah rusak ringan. Mayoritas kerusakan terjadi di bagian atap. Bahkan, satu unit kandang ayam berstruktur bambu di Tanjung RT 003/RW 003 roboh rata dengan tanah. Beruntung, ribuan ayam di kandang sudah di panen.

“Angin berembus kencang sekali. Setelah kondisi normal hujan tetap mengguyur deras. Di sana [kebun sepanjang jalan masuk/keluar desa] saja ada 40 pohon yang tumbang. Pohon di kebun dekat permukiman warga juga banyak yang tumbang,” kata Kadus.

Warga dekat kandang ayam yang roboh, Siyem, mengaku saat angin kencang terjadi tak mengetahui kandang ayam di samping rumahnya itu roboh. Ketika itu suara hujan dan angin bergemuruh keras. Dia sangat takut mengingat sekeliling rumahnya banyak pohon jati. Dia khawatir pohon tumbang menimpa rumah dan dirinya yang saat itu berdiam diri di teras rumah.

“Saya tahunya saat Pak Kadus mengecek ke sini. Dia memberi tahu bahwa kandang ayam roboh. Untungnya, Jumat (30/3/2018) seluruh ayam sudah dipanen. Kandang ini isinya 2.000 ekor ayam,” ucap Siyem.

Warga Kerjo RT 001/RW 006, Sutiyem, 45, mengatakan saat angin puting beliung terjadi dia pasrah. Saat kejadian dia di teras rumah sendirian. Setelah kondisi normal dia baru mengetahui atap dapur dan wuwung rumahnya rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, menyampaikan selain di Kerjo Kidul, bencana juga terjadi di Kutukan RT 020/RW 008, Bubakan, Girimarto. Talud penahan tanah di dekat rumah Sarmin setinggi 3 meter sepanjang 11 meter ambrol. Pagar rumah pun turut ambrol.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka saat bencana terjadi di Kerjo Kidul dan Bubakan,” kata Bambang.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ada Banjir, Pengantin Ini Tumpangi Panci Jumbo ke Tempat Resepsi

Sepasang pengantin melakukan aksi unik dengan menumpangi panci jumbo saat hendak ke lokasi pernikahan.

Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Aurel Hermansyah akhirnya bertemu dengan papa tirinya, Raul Lemos ditemani oleh Atta Halilintar. Netizen ikut berbahagia.

10 Berita Terpopuler: Atap Serambi Masjid Runtuh dan Kabar Persis Solo

Kabar atap serambi Masjid Besar Al Furqon Nguter di Jalan Sukoharjo-Wonogiri tiba-tiba ambruk, Rabu (20/10/2021) dan Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (21/10/2021).

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Begini Kondisi 16 Ekor Sapi dalam Kebakaran di Kladungan Sragen

Ke-16 ekor sapi itu berhasil dievakuasi warga dari empat kandang sapi yang yang hangus terbakar.

Diterjang Angin Kencang, Empat Rumah Warga Sukodono Sragen Rusak

Hujan disertai tiupan angin kencang mengakibatkan empat rumah di Dukuh Pare, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, mengalami rusak pada bagian atap.

Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Nikita Mirzani juga angkat bicara mengenai Deddy Corbuzier yang disomasi oleh Propeksos. Bagaimana tanggapannya?

Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 21 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (21/10/2021)  hari ini tidak berubah untuk cetakan UBS, namun naik untuk cetakan Antam.

Menari Bermasker di Pendapa Bupati Wonogiri Jadi Tantangan Tersendiri

Menari memakai masker adalah tantangan tersendiri karena membuat ngos-ngosan atau sulit bernapas.

4 Bahan Kimia Ini Harus Dicoret dari Produk Kecantikan

Ada sejumlah bahan kimia di produk kecantikan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Pemadaman Listrik Karanganyar Hari Ini (21/10/2021), Daerah Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar hari ini, Kamis (21/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Ini daerah yang terdampak.

Objek Wisata Dibuka, Desa Conto Wonogiri Ramai Didatangi Wisatawan

Kali terakhir objek wisata ini banyak didatangi pengunjung pada momen libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021).

Dimutasi Setelah Picu Kontroversi, Aipda Ambarita: Satya Haprabu!

Aksi Ambarita menuai banyak kritik, salah satunya dari Kompolnas yang menyebut menggeledah tanpa surat perintah keliru.

Doa Ketika Ada Petir dan Hujan Lebat, Dilengkapi Latin Plus Artinya

Berikut ini terdapat doa ketika ada petir dan hujan turun dengan lebat, yang dilengkapi dengan latin beserta artinya.

Eaalaah...Admin Humas Polda Cecar Warganet di DM Instagram

Selain menegur, admin akun Humas Polda Kalteng juga meminta warganet tersebut untuk datang ke Kantor Humas Polda Kalteng.