Tutup Iklan

Puting Beliung Terjang Sukoharjo Rusak Belasan Rumah

Puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo, Rabu (23/1/2019) sore. Akibatnya belasan rumah rusak ringan hingga berat dan pohon-pohon bertumbangan.

Puting Beliung Terjang Sukoharjo Rusak Belasan Rumah

SOLOPOS.COM - Puting beliung memorak-porandakan rumah warga di Malangan, Bulu, Sukoharjo, Rabu (23/1/2019). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo, Rabu (23/1/2019) sore. Akibatnya belasan rumah rusak ringan hingga berat dan pohon-pohon bertumbangan.

Selain puting beliung, tanah longsor juga terjadi di Teleng, Bulu. Tanah longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Sukoharjo sejak Selasa (22/1/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, puting beliung menerjang wilayah Bulu dan Tawangsari, sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, tiba-tiba langit yang semula cerah menjadi mendung dan gelap.

Tidak berapa lama kemudian turun hujan disertai puting beliung selama hampir lima menit. Angin terus berputar-putar hingga menyebabkan genting rumah warga beterbangan.

Tak hanya itu pohon-pohon juga bertumbangan. Warga melaporkan kejadian tersebut ke Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo. Selanjutnya petugas BPBD bersama TNI dan dibantu warga mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang.

“Beberapa pohon ambruk dan genting rumah-rumah warga bertebangan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto.

Pohon tumbang tersebut langsung dibersihkan agar jalan terbuka dan bisa dilalui kendaraan. Sementara itu berdasarkan laporan sementara, satu rumah warga di Dukuh Malangan, Desa Malangan, Bulu, juga dilaporkan roboh setelah diterjang puting beliung.

Rumah yang roboh tersebut bangunannya terbuat dari kayu dan sudah lapuk termakan usia. Selain puting beliung, bencana tanah longsor menerjang wilayah Tileng RT 001/ RW 003 Bulu.

Tebing sepanjang 20 meter dan tinggi tiga meter longsor hingga menutup badan jalan. Beberapa langkah dilakukan personel BPBD bersama Babinsa di antaranya membersihkan lokasi jalan agar bisa dilalui kendaraan.

Dia mengatakan sesuai dengan perkiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan disertai angin kencang akan terus terjadi pada bulan ini. Karena itu dia meminta warga mewaspadai ancaman bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Kami minta warga jangan berteduh di bawah pohon dan baliho atau papan reklame saat hujan disertai angin kencang. Perhatian juga lingkungan sekitar saat hujan dan angin kencang,” pintanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Waspada! Ada 26 Kasus DBD di Madiun Pada 2021

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Madiun cukup tinggi pada tahun 2021, Dinkes mencatat ada 26 kasus DBD di tahun ini.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.

Ada Orang Kena Serangan Jantung? Begini Pertolongan Pertamanya

Pertolongan pertama menjadi kunci harapan hidup seseorang yang mengalami serangan jantung. 

Vaksinasi Publik 18+ Siap Bergulir Di Solo, 12 Kelurahan Jadi Prioritas

Pemkot Solo segera menggulirkan vaksinasi Covid-19 bagi publik usia 18 tahun ke atas dengan prioritas 12 kelurahan.

Penerjun Payung Protes Jelang Kick Off Prancis vs Jerman

Laga Grup F Piala Eropa (Euro) 2021 Jerman versus Prancis di Allianz Arena di Munchen diawali aksi protes penerjun payung.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.

Jalani Isolasi Mandiri, BCL Merasakan Sejumlah Gejala Covid-19

BCL merasakan sejumlah gejala saat hari ketiga karantina.

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik Rumah Sakit & Faskes

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, dan mencegah pemadaman listrik, khususnya tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

Rating TV Indonesia: Tayangan Sinetron Masih Digemari

Tayangan sinetron sepertinya masih mendominasi rating TV Indonesia.

Selamat! Wali Kota Madiun Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian LH dan Kehutanan

Maidi menuturkan penghargaan Nirwasita Tantra 2020 ini diberikan karena Kota Madiun dianggap berhasil menata kota dengan memperhatikan lingkungan.