SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Puting beliung kembali memorak-porandakan wilayah Kabupaten Sukoharjo, Kamis (24/1/2019) sore. Kali ini angin kencang menerjang wilayah Sukoharjo Kota setelah sehari sebelumnya mengamuk di dua kecamatan, yakni Kecamatan Bulu dan Tawangsari.

Puluhan rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga berat sore tadi. Bahkan Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo juga ikut diterjang puting beliung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun , bencana puting beliung terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Saat itu, langit yang semula cerah mendadak menjadi mendung dan gelap. Tidak berapa lama puting beliung berputar-putar selama hampir lima menit. Usai diterjang angin puting beliung hujan deras langsung mengguyur daerah tersebut.

Kejadian ini menyebabkan genteng rumah warga beterbangan. Tak hanya itu pohon juga bertumbangan. Bagian atap Pasar Ir. Soekarno juga rusak diterjang puting beliung hingga menyebabkan plafon lantai dua sisi selatan pasar ambrol.

Kepala keamanan Pasar Ir. Soekarno Suryanto mengatakan saat kejadian pedagang masih beraktivitas. Beruntung di lokasi plafon ambrol tidak ada pedagang maupun pengunjung yang beraktivitas dibawahnya.

“Kejadian pukul 15.15 wib, waktu itu angin berputar-putar sangat kencang. Tiba-tiba buka bluk sangat keras dan ternyata plafon ambrol,” katanya.

Selain plafon ambrol, atap penutup pasar di sisi selatan juga jembol terbawa angin. Hingga kini pedagang bersama petugas pasar tengah membersihkan material reruntuhan plafon yang ambrol. Selain pasar Ir. Soekarno, angin puting beliung juga merobohkan papan baliho di sejumlah lokasi di Sukoharjo Kota.

Warga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo. Tim BPBD dibantu polisi dan tentara serta petugas pemadam kebakaran melakukan evakuasi dan membersihkan sisa-sisa puing reruntuhan.

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan puting beliung menumbangkan beberapa pohon dan belasan rumah rusak ringan hingga berat.

“Begitu menerima laporan kami langsung melakukan berbagai langkah evakuasi pohon tumbang. Utamanya pohon tumbang yang menimpa rumah dan mobil milik warga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya