SOLOPOS.COM - Kondisi bangunan rumah disepanjang jalan Kadisoka rusak parah setelah diterjang angin Puting Beliung, Jumat (7/11/2012). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Kondisi bangunan rumah disepanjang jalan Kadisoka rusak parah setelah diterjang angin Puting Beliung, Jumat (7/11/2012). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

SLEMAN-Angin puting beliung kembali melanda wilayah Kalasan Sleman, Jumat (7/12/2012) siang.  Ratusan rumah mengalami rusak berat dan ringan di Desa Purwomartani Kalasan sekitar pukul 14.10 WIB. Bahkan empat warga
kalasan mengalami luka ringan dan berat hingga harus dibawa ke Rumah Sakit tertimpa atap rumah.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Dari pantauan Harian Jogja di lokasi kejadian, rata-rata kerusakan rumah akibat atapnya beterbangan, beberapa rumah juga tertimpa pohon seperti di Perumahan Kadisoka, Purwomartani. Bahakn jalan Kadisoka dan Jalan Candisari Purwomartani sempat lumpuh karena banyak pohon yang melintang di jalan. Tidak lama, petugas relawan bencana dan kepolisian Polda DIY tiba dilokasi membantu masyarakat untuk mengavakuasi pohon
dari jalan.

“Anginnya kencang banget muter-muter diatas sampai sampah-sampah beterbangan, kemudian hujan deras turun” ujar  Yanto, salah satu warga Dusun Sari, Purwomartani Kalasan.

Warga lainnya Samijan, 61, mngatakan, hamper seluruh atapnya ambrol hingga menimpa rumah saat dia bersama keluarganya sedang santai di depan rumah tiba-tiba angina kencang dari arah timur melanda rumahnya. “Lebih dari Rp5 juta harus memperbaikinya,” kata warga yang tinggal di RT 05 RW 02 Kadisoka.

Sementara Relawan Jogja Timur (RJT), Sri Jumbadi mencatat, ada empat warga yang terluka akibat tertimpa atap rumah. Keempatnya mengalami ada yang luka ringan ada juga yang luka berat. “Mereka dilarikan ke
Rumah Sakit Islam Yogyakarta (RSIY)” katanya.

Camat Kalasan Samsul Bakrie mengaku belum bisa memastikan berapa desa yang tekena imbas putting beliung tersebut. “Saya masih mengkoordinasikannya dengan para kepala dukuh,” katanya, Jumat sore. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman pun belum memastikan kerugiannya. Namun demikian, upaya evakuasi akses jalan dilakukan dengan petugas gabungan dari relawan, kepolisian dan masyarakat.

“Bantuan logistik dan perbaikan rumah warga akan kami salurkan Sabtu pagi,” ujar Kepala BPBD saat dikonfirmasi Harian Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya